Kompas.com - 08/01/2021, 12:30 WIB
H&M bottle2fashion H&MH&M bottle2fashion
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sampah plastik menjadi salah satu masalah besar di dunia termasuk di Indonesia. Plastik yang tidak bisa terurai secara alami akan mencemari lingkungan dan air, yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan kita.

Karenanya banyak negara mulai mengurangi dan mengatur penggunaan plastik, termasuk mencari cara untuk mengurangi limbahnya. Salah satu cara yang populer di dunia fashion adalah dengan mendaur ulang limbah plastik menjadi sepatu atau pakaian.

Dan inilah yang juga dilakukan brand busana H&M bekerja sama dengan Aqua. Perusahaan asal Swedia itu mengubah limbah plastik menjadi serat yang bisa dijadikan pakaian.

"Proyek bottle2fashion ini dilakukan dalam upaya membantu menjaga pantai dan lautan tetap bersih. H&M berusaha memberikan kehidupan kedua pada botol plastik sekali pakai," ucap Nellie Lindeborg, Assortment Sustainability Responsible H&M.

Kolaborasi bottle2fashion juga mendukung inisiatif pemerintah Indonesia melawan pencemaran laut, sekaligus menciptakan lapangan kerja lokal dengan mengumpulkan botol PET, menyortir, membersihkan, merobeknya menjadi serpihan dan kemudian membuatnya menjadi serat poliester daur ulang.

“Melalui inisiatif bottle2fashion yang kami lakukan bersama H&M, untuk musim ini Danone-AQUA berhasil mengumpulkan sekitar 71 ton botol PET dari Kepulauan Seribu (Pulau Seribu) dan di daerah Bandung untuk mencegah plastik masuk ke laut,” ujar Ratih Anggraeni, Senior Sustainable Packaging Manager, Danone Indonesia.

Seluruh koleksi busana yang terbuat dari campuran poliester daur ulang, kapas organik, dan kapas daur ulang ini terdiri dari hoodies, celana jogger dan atasan lengan panjang yang mudah dipadupadankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semuanya dibuat dalam warna ceria dengan detail gaya seperti simpul putar, color block, baju lengan panjang yang cropped, dan tie-dye.

“Untuk koleksi ini, kami ingin fokus pada pakaian yang benar-benar bisa dipakai anak-anak agar ceria, nyaman dan percaya diri,” kata Sofia Löfstedt, Head of Kidswear Design H&M..

"Kelak setelah anak-anak tumbuh lebih besar dan tidak bisa memakainya lagi, kami mendorong agar barang-barang tersebut dibawa kembali kepada kami melalui inisiatif pengumpulan pakaian kami sehingga dapat didaur ulang sekali lagi,” lanjutnya.

Di Indonesia, koleksi ini sudah tersedia dari tanggal 24 Desember secara online di ID.HM.com dan di toko-toko H&M.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.