Kompas.com - 08/01/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi sisa makanan dijadikan kompos. Cara ini bermanfaat untuk mengurangi sampah makanan. SHUTTERSTOCK/JCHIZHEIlustrasi sisa makanan dijadikan kompos. Cara ini bermanfaat untuk mengurangi sampah makanan.

 

KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020, berbagai macam aktivitas manusia terganggu. Bahkan, slogan yang kerap mencuat saat tahun baru “new year new me” seperti tampak tidak meriah, baik di percakapan sehari-hari atau di media sosial.

Slogan ini memang bukan tradisi wajib. Namun, slogan ini bisa menjadi pengingat dan momentum bagi pribadi-pribadi yang ingin menjadi lebih baik, sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Tujuan-tujuan tersebut bisa dari memulai gaya hidup sehat, mewujudkan target finansial, atau sekadar menabung agar bisa travelling ke luar negeri. Harapan dan semangat itu biasa dikenal dengan resolusi.

Berbicara resolusi dan berkaca dari berbagai peristiwa yang terjadi pada 2020, tahun ini bisa jadi momen untuk berkontribusi membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik. Sebab, virus corona, misalnya, ditengarai berawal dari kerusakan lingkungan.

Baca juga: Bukan Kebetulan, Virus Corona Muncul Akibat Ulah Manusia

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/4/2020), Direktur Lingkungan Hidup USAID Indonesia Matthew Burton mengatakan, virus corona adalah contoh dari patogen yang berasal dari hewan dan bisa menular ke manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebagian besar virus tersebut menginfeksi hewan, tapi beberapa virus lain ditransmisikan kepada manusia. Hal ini menyebabkan wabah penyakit seperti SARS atau MERS,” tuturnya dalam diskusi bertajuk "Covid-19 and Our Relationship with Wildlife".

Matthew menyebut, kerusakan ekosistem berkaitan dengan peningkatan signifikan penyakit menular baru (emerging infectious disease) yang berasal dari satwa liar.

Untuk itu, menjaga kelestarian alam adalah salah satu solusi guna mencegah munculnya virus-virus baru, termasuk menghalau krisis iklim.

Baca juga: Eksploitasi Satwa Liar dapat Tingkatkan Transmisi Virus ke Manusia

Tidak perlu khawatir, menjaga lingkungan bukan hanya membersihkan sampah di pantai atau menanam pohon di hutan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari rumah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X