Kompas.com - 08/01/2021, 16:41 WIB
Burung pipit mahkota putih. Ilmuwan mengungkapkan dalam studi baru, selama lockdown kicauan burung ini menjadi lebih merdu. BBC/JN PHILLIPSBurung pipit mahkota putih. Ilmuwan mengungkapkan dalam studi baru, selama lockdown kicauan burung ini menjadi lebih merdu.

KOMPAS.com - Ada banyak penelitian yang menunjukkan, berada di alam baik untuk kesehatan mental.

Misalnya, kayakinan bahwa berjalan di hutan dapat meningkatkan kesejahteraan dan tinggal di dekat pohon mampu membantu kita hidup lebih lama.

Tetapi, sebenarnya kita tidak benar-benar tahu apa yang sebenarnya membuat kita senang berada di alam atau di luar ruangan.

Nah, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap, kondisi itu mungkin ada hubungannya dengan suara burung yang terdengar saat berjalan-jalan di alam.

Baca juga: Hubungan yang Bahagia Memiliki Nilai-nilai Utama Ini

Para peneliti dari California Polytechnic State University menganalisis seberapa banyak suara alam yang didengar dapat memengaruhi kesejahteraan diri.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society B.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disebutkan, paduan suara dari kicauan burung di alam mampu meningkatkan kesejahteraan.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menempatkan 10 speaker yang tersembunyi dan berjarak sama di dua bagian jalan setapak di Boulder Open Space dan Mountain Parks di Colorado.

Mereka memainkan rekaman berisi suara 11 spesies burung, termasuk american robin, house finch, dan black chickadee.

Para peneliti memutar kicau burung secara bergantian selama beberapa jam sehari selama seminggu, dan kemudian mematikan speaker selama seminggu pada suatu waktu.

Halaman:


Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.