Kompas.com - 09/01/2021, 13:11 WIB
ilustrasi makan sehat Dok. Miloilustrasi makan sehat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Karbohidrat kerap dijadikan "musuh" bagi para pelaku diet karena dianggap berperan dalam kenaikan berat badan.

Padahal, dengan menjaga asupan karbohidrat, ada manfaat yang bisa diperoleh.

Studi yang diterbitkan Lancet Public Health mengungkap, asupan karbohidrat dalam jumlah yang tepat bahkan bisa memperpanjang usia seseorang.

Baca juga: 10 Dampak Kesehatan jika Memangkas Drastis Asupan Karbohidrat

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, AS melacak dan menganalisis pola makan lebih dari 15.000 orang dewasa paruh baya di AS selama 25 tahun.

Peneliti menyesuaikan faktor gaya hidup seperti kebiasaan olahraga, status merokok, dan banyak lagi.

Hasilnya ditemukan, orang yang mengonsumsi karbohidrat sekitar setengah dari total asupan kalori setiap hari, memiliki risiko kematian dini lebih rendah.

Artinya, jika kebutuhan kalori kita setiap hari adalah 2000 kalori, maka 1000 kalori dari jumlah itu berasal dari karbohidrat.

Hasil itu lebih baik dibandingkan orang yang mengonsumsi lebih dari 70 persen atau kurang dari 40 persen total kalori dari karbohidrat.

Baca juga: Efek Samping Berhenti Mengonsumsi Karbohidrat

Orang yang mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang pada usia 50 tahun diperkirakan bisa hidup sampai usia 83 tahun.

Sedangkan, orang yang mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi dan rendah memiliki harapan hidup masing-masing 79 tahun dan 82 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X