Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Cuci Muka 2 Kali Sehari Bikin Kulit Lebih Sehat, Benarkah?

Kompas.com - 10/01/2021, 16:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin banyaknya tips dan trik kecantikan wajah di luar sana, mungkin sulit untuk memastikan saran mana yang tepat.

Namun tanpa kita sadari, hanya dengan mencuci muka dua kali sehari saja sebenarnya bisa merawat kulit tetap bersih dan terbebas dari jerawat.

Profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, New York, Amerika Serikat, Dr Angela J. Lamb menyarankan untuk mencuci muka dua kali sehari.

Baca juga: Adakah Manfaat Cuci Muka dengan Air Teh Hijau?

"Ritual" tersebut tetap harus dilakukan, baik saat menghabiskan banyak waktu di luar rumah maupun ketika tetap berada di dalam rumah.

"Mencuci muka di pagi hari adalah cara yang baik untuk mengangkat sel kulit mati di wajah setelah tidur," kata Lamb.

"Sebelum tidur, mencuci muka berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan riasan dan produksi sebum, serta minyak di wajah," sambung dia.

Meski demikian, bagi yang memiliki kulit sensitif, maka mencuci muka harus dilakukan dengan hati-hati.

Menurut dokter kulit, Dr Michele Green, membersihkan muka di pagi dan malam hari memang merupakan hal yang penting. Tetapi, kita juga harus mempehatikan cara mencuci muka.

"Sebaiknya hindari air panas yang merusak kulit dan memperburuk eksim, serta rosacea," ungkap Green.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Harus Cuci Muka Sebelum Tidur

"Air panas juga dapat membuat kulit menjadi merah dan semakin teriritasi. Selain itu, bisa membuat kulit dehidrasi dan menghilangkan kelembapan," lanjut dia.

Di sisi lain, Dr Green mengatakan, membersihkan dengan air dingin atau air hangat suam-suam kuku lebih tepat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan rasa gatal.

Pada akhirnya, apa yang kita gunakan untuk mencuci muka sama pentingnya dengan frekuensi mencuci muka.

Lagi pula, jika kita tidak memilih produk yang tepat, maka kulit akan mengering selama pembersihan dua kali sehari, yang menjadi dasar rutinitas kita.

Walaupun, kita berpikir dehidrasi akan menyebabkan kekeringan, hal itu juga penyebab kulit lebih berminyak dalam prosesnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com