Mencegah Kulit Iritasi Gara-gara Sering Pakai Hand Sanitizer

Kompas.com - 10/01/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi hand sanitizer. SHUTTERSTOCKIlustrasi hand sanitizer.

KOMPAS.com - Rajin mencuci tangan, atau memakai hand sanitizer ketika kondisi tidak memungkinkan untuk cuci tangan, menjadi salah satu protokol kesehatan penting di masa pandemi Covid-19.

Sayangnya, terlalu sering mencuci tangan dan memakai hand sanitizer berpotensi membuat kulit kering dan iritasi, terutama bagi orang-orang dengan kulit sensitif.

Apalagi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar produk pembersih tangan yang digunakan mengandung alkohol 60 persen atau lebih tinggi, ketika bicara soal pencegahan virus corona.

"Bahkan pada orang-orang yang tidak punya eksim sebelumnya juga bisa mengalami kulit kering," kata dokter kulit dari Olney Dermatology, Paula Bourelly, MD, seperti dilansir Vogue.

Terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering, apalagi jika diikuti dengan praktik penggunaan hand sanitizer.

Pemilik Bargen Dermatology dan salah satu pemilik Karité Shea Butter, Naana Boakye, MD mengatakan, sering mencuci tangan bisa menyebabkan tangan kering dan iritasi.

Menambahkan penggunaan hand sanitizer dapat memperparah kondisi tersebut, bahkan bisa menyebabkan dermatitis atau peradangan pada kulit.

Baca juga: 7 Aturan Menggunakan Hand Sanitizer agar Efektif

Pencegahan
Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan agar kulit tidak kering dan iritasi meski banyak mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Beberapa di antaranya:

1. Prioritaskan cuci tangan dengan sabun
Jika ada pilihan antara mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer, Bourelly merekomendasikan untuk selalu memilih cuci tangan dengan sabun.

"Sabun yang dipilih tidak harus antibakteri. Tapi, jika bisa memilih, ada beberapa pilihan sabun mengandung pelembap," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X