Kompas.com - 11/01/2021, 06:02 WIB
Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAFoto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.

KOMPAS.com - Memelihara ikan cupang kini sedang sangat digemari oleh masyarakat.

Alasannya beragam, mulai dari warnanya yang cantik dan beragam, karakternya yang tanggung, hingga perawatannya yang tergolong mudah.

Nah, salah satu kunci sukses memelihara atau bahkan membudidayakan cupang adalah menyediakan makanan dalam jumlah cukup.

Beberapa makanan yang umum diberikan untuk cupang seperti kutu air, jentik-jentik nyamuk dan cacing sutra.

Makanan alami tersebut bisa dibeli atau diburu sendiri dari alam. Agar lebih hemat, kita juga bisa membudidayakannya sendiri di rumah, lho.

Dikutip dari buku "Petunjuk Praktis Memelihara Cupang" yang ditulis oleh Neni Suhaeni, selain dapat menghemat biaya, membudidayakan makanan alami sendiri dapat menjamin kebersihan dan ketersediaan makanan.

Namun, untuk membudidayakannya kita perlu mengumpulkan niat dan meluangkan waktu yang cukup, termasuk untuk membekali diri dengan pengetahuan dan informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut tips singkat membudidayakan makanan alami untuk cupang yang bisa kamu coba di rumah:

1. Budidaya kutu air
Kutu air sangat baik untuk makanan larva cupang yang sudah habis kuning telurnya dan juga untuk induk betina yang hendak dikawinkan.

Di alam bebas, kutu air banyak terdapat di kolam-kolam atau genangan air yang berbahan organik tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X