Kompas.com - 11/01/2021, 08:15 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance) terkadang menjadi perkara yang tak mudah.

Tak sedikit karyawan yang jam kerjanya berantakan hingga melupakan waktu untuk dirinya sendiri. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Memberikan yang terbaik untuk pekerjaan memang penting. Tapi bukan berarti harus kehilangan waktu untuk kehidupan pribadi.

Baca juga: LinkedIn: Work Life Balance Kunci Kepuasan Bekerja

Bagi yang masih kesulitan mengatur waktu, atau yang merasa waktunya "terbuang" hanya untuk pekerjaan, mungkin perlu memerhatikan tujuh tip efektif ini.

1. Beri batasan

Tetapkan waktu untuk meninggalkan pekerjaan. Jangan lupa beri tahu rekan kerja setim tentang batas waktu tersebut.

Ini adalah praktik yang baik karena memberikan tenggat waktu kepada diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, kerja bisa menjadi lebih produktif dan efisien. Kecil kemungkinan untuk kembali bekerja di luar batas waktu yang telah ditentukan.

Memberitahu rekan kerja tentang batas waktu membuat mereka tidak mengganggu kita di luar jam kerja. Sekaligus bisa menciptakan lingkup kerja yang sehat.

Baca juga: Menyertakan Aktivitas Me Time Bikin Perawatan Estetik Lebih Efektif

2. Sediakan "me time"

"Me time'"sama pentingnya dengan waktu untuk pekerjaan, teman, dan bahkan keluarga. "Me time" atau waktu diri sendiri bisa mendatangkan kebahagiaan.

Saat seseorang merasa bahagia, otomatis apa pun yang dilakukannya menjadi lebih baik. Entah itu untuk pekerjaan, keluarga, maupun rumah.

Halaman:


Sumber says.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.