Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 10:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

Sudah pernah dengar tentang generasi XYZ? Ya, mereka adalah orang-orang yang lahir setelah generasi baby boomer dan memiliki salah satu ciri khas, yakni tumbuh saat teknologi sedang berkembang pesat.

Meskipun demikian, generasi XYZ punya perbedaan karakteristik yang cukup mencolok. Berikut ini penjelasannya.

Generasi X (lahir pada 1965-1976)

Generasi X disebut juga generasi sandwich karena mereka berada di antara dua generasi yang paling banyak dibicarakan, yakni generasi baby boomer dan generasi Y (milenial).

Mereka juga kerap dilabeli sebagai generasi ‘daycare’ karena merupakan generasi pertama yang kedua orangtuanya bekerja atau bercerai.

Di antara generasi XYZ, generasi X ini memiliki karakteristik khas sebagai berikut:

1. Mengutamakan work-life balance

Generasi X tidak terlalu ambisius soal karier, tapi juga tidak menyepelekan pekerjaan. Mereka selalu berusaha meluangkan waktu untuk membahagiakan diri sendiri di sela-sela kesibukan kerja.

2. Menunda menikah atau punya anak

Fokus utama generasi X adalah kebahagiaan atau kesuksesan dirinya sendiri sehingga mereka tidak segan menunda menikah atau punya anak jika dipandang perlu.

3. Skeptis

Generasi X juga dikenal skeptis dan tidak ingin terlibat dalam kegiatan yang dinilai tidak menguntungkan mereka, termasuk dalam pemilu.

4. Mampu beradaptasi

Generasi X dilahirkan pada tahun-tahun awal berkembangnya teknologi dan informasi, seperti penggunaan personal computer (PC), video games, TV kabel, dan Internet. Mereka bisa dengan cepat beradaptasi, bahkan hingga era serba wireless saat ini.

5. Banyak akal

Orang-orang generasi X lebih jago berdagang dibanding generasi baby boomer. Salah satunya karena mereka banyak akal dan memang menyukai hal-hal yang informal.

Baca juga: Generasi X Lebih Serius Tanggapi Corona Dibanding Milenial dan Boomer

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com