Kompas.com - 11/01/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi makan sayuran shutterstockIlustrasi makan sayuran

KOMPAS.com - Kecemasan dan depresi adalah salah satu kondisi kesehatan mental yang paling umum di seluruh dunia. Tapi, tak banyak orang menyadari dirinya memiliki gangguan ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi bisa menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia pada tahun 2030.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para peneliti terus mencari cara baru untuk mengurangi dampak kondisi kesehatan mental, daripada mengandalkan terapi dan pengobatan terkini.

Psikiatri nutrisi adalah bidang penelitian baru yang secara khusus melihat peran nutrisi dalam pengembangan dan pengobatan masalah kesehatan mental.

Baca juga: Media Sosial Jadi Rujukan Informasi Nutrisi dan Kesehatan

Beberapa studi observasional telah menunjukkan hubungan antara kualitas diet keseluruhan dan risiko depresi.

Misalnya, satu ulasan dari 21 studi dari 10 negara menemukan, pola diet yang sehat dengan asupan tinggi buah, sayuran, serta asupan makanan hewani yang rendah dapat mengurangi risiko depresi.

Sebaliknya, diet yang melibatkan asupan daging merah dan olahan yang tinggi, dengan asupan buah, serta sayuran yang rendah dapat meningkatkan risiko depresi secara signifikan.

Baru-baru ini, sebuah penelitian pada orang dewasa di atas usia 50 tahun menemukan, adanya hubungan antara tingkat kecemasan yang lebih tinggi dengan diet tinggi lemak jenuh dan gula tambahan.

Namun penting untuk diketahui, bahwa studi ini masih bersifat observasional, sehingga belum dapat membuktikan sebab dan akibat.

Baca juga: Bagaimana Diet Sehat untuk Mencegah Kerusakan Jantung?

Penumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas.AFP/SPENCER PLATT Penumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas.

Mengobati kondisi kesehatan mental

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X