Kompas.com - 11/01/2021, 18:59 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle kembali tak merayakan natal bersama keluarga kerajaan Inggris tahun ini. Keduanya memilih merayakan natal di kediamannya di California, Amerika Serikat. Hasil tangkap layar PagesixPangeran Harry dan Meghan Markle kembali tak merayakan natal bersama keluarga kerajaan Inggris tahun ini. Keduanya memilih merayakan natal di kediamannya di California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk tidak lagi bermain media sosial. Pasangan ini vakum dari media sosial setelah melihat banyak ujaran kebencian.

Menurut Sunday Times, Duke dan Duchess of Sussex kecewa dengan ujaran kebencian yang mereka temukan di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Tak main-main, mereka mengaku tak akan lagi menggunakan media sosial, baik untuk kepentingan pribadi maupun profesional.

Baca juga: 5 Dampak Positif Berhenti Main Medsos seperti Meghan dan Harry

Dalam beberapa kesempatan, Pangeran Harry dan Meghan Markle memang sering berbicara tentang dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental.

Contohnya dalam editorial majalah Fast Company bulan Juni 2020 lalu. Pangeran Harry mengecam penggunaan media sosial yang mendatangkan banyak masalah.

Menurut dia, media sosial dapat memicu dan menciptakan kebencian, krisis kesehatan, dan krisis kebenaran.

Bersama sang istri, Harry telah berbicara dengan banyak ahli untuk menjadikan media sosial menjadi platform yang lebih sehat.

"Dari percakapan dengan para ahli, kami yakin harus merombak sistem komunitas online kami dengan cara yang lebih ditentukan oleh kasih daripada kebencian," kata Harry seperti dikutip Independent.

Baca juga: Kekurangan Meghan Markle Jadi Beban Pangeran Harry, Benarkah?

Lebih jauh, Harry mengaku ingin media sosial dipenuhi kebenaran bukan informasi yang salah, ada kesetaraan dan inklusivitas, bukan ketidakadilan dan rasa takut.

"Media sosial juga harus menjadi tempat orang bebas berbicara, tapi bukan menjadikannya sebagai senjata menyerang orang lain,” tambah adik Pangeran William itu.

Pangeran Harry dan Meghan Markle sebenarnya memiliki banyak pengikut di media sosial. Di Instagram contohnya, mereka memiliki lebih dari 10 juta pengikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X