Kompas.com - 11/01/2021, 19:22 WIB
Mohammad Mugharbil Mens Health/Mohammad MugharbilMohammad Mugharbil

KOMPAS.com - Mohammad Mugharbil adalah pelatih bersertifikat NASM yang sudah memiliki tubuh sangat atletis sejak masa SMA.

Mugharbil mengaku mulai latihan mengangkat beban sejak usia 16 tahun.

Dia bahkan mengambil jurusan ilmu latihan fisik. Selama beberapa tahun pertama masa kuliah, hal favorit yang dilakukannya adalah berolahraga.

Namun, suatu hari ketika pulang ke rumah dan sibuk mencari pekerjaan, rutinitas olahraga yang kerap dilakukannya pun mengendur.

Baca juga: Ternyata, Diet Golongan Darah Tak Pengaruhi Penurunan Berat Badan

"Selama berbulan-bulan, saya sepenuhnya mengonsumsi junk food dan tidak banyak berolahraga," ungkap dia.

Setelah itu, Mugharbil memutuskan untuk kembali ke bentuk tubuh terbaiknya dengan berolahraga.

Sayangnya, di tengah usahanya dia mengalami cedera. Otot dada sebelah kanannya sobek saat melakukan latihan bench press.

"Akhirnya, saya menjalani operasi yang diikuti dengan 10 minggu pemakaian sling dan delapan minggu pemulihan," kata dia.

"Butuh waktu sekitar dua tahun sebelum saya kembali pada kekuatan penuh," sambung dia.

Dalam masa pemulihan, Mugharbil menghabiskan sebagian besar waktunya di sofa, tenggelam kembali ke dalam pola makan yang mengerikan, dan tidak berolahraga.

Halaman:


Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X