Kompas.com - 12/01/2021, 07:28 WIB
Ilustrasi belajar. Mempelajari hal baru setiap harinya dapat membantu mencegah pikun. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar. Mempelajari hal baru setiap harinya dapat membantu mencegah pikun.

KOMPAS.com - Istilah "menua" sering kali identik dengan hal-hal "buruk".

Dalam konteks kemampuan fungsi otak, menua kerap dikaitkan dengan kebiasaan mudah lupa, atau bahkan lebih buruk lagi, demensia.

Padahal, menurut neuropsikolog sekaligus penulis "Break Up with Friends", Dr Hannah Korrel, anggapan tersebut tidak selalu benar.

Hari ini, kita punya pengalaman lebih daripada hari kemarin.

Menurut Body and Soul, itulah yang memberi kita perkembangan otak neuroplastis yang dinamis.

Mulai hari ini dan ke depannya, ingatlah bahwa kamu punya kesempatan untuk terus membangun neuroplastisitas itu, baik sedikit atau banyak.

Bagaimana mengoptimalkannya?

Sama seperti kulit, otak juga menua seiring bertambahnya usia.

Jadi, jika kita berumur panjang, tanda-tanda penuaan pada otak juga akan bermunculan secara perlahan dan mengganggu kemampuan memori kita.

Menjaga otak tetap tajam atau membiarkan tanda-tanda penuaannya muncul bergantung pada jumlah cadangan kognitif kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X