Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Cukup 11 Menit Sehari, Bisa Beri Umur Panjang, Benarkah?

Kompas.com - 12/01/2021, 12:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kehidupan yang lebih sehat dan lebih panjang mungkin ternyata tidak membutuhkan usaha keras seperti yang kerap dipikirkan.

Hal ini setidaknya terlihat dari sebuah riset ini diikuti oleh 44.000 pria dan wanita dalam periode antara 4-14,5 tahun.

Dari jumlah responden tersebut, sebanyak 3.451 peserta meninggal dalam periode penelitian, atau artinya ada sekitar 7,8 persen tingkat kematian.

Baca juga: Memahami Tujuan Hidup, Rahasia Umur Panjang

Para peneliti menggunakan monitor aktivitas untuk mengukur aktivitas fisik moderat hingga berat, dan membandingkannya dengan waktu peserta tidak bergerak sama sekali.

Secara keseluruhan ditemukan, orang-orang yang berolahraga 35 menit sehari melihat hasil terbesar dalam kesehatannya.

Tetapi, penelitian ini juga menunjukkan, orang yang berolahraga setidaknya 11 menit sehari sudah dapat melihat beberapa manfaat bagi tubuh.

Sementara itu, gaya hidup yang kurang bergerak atau sedentary life tentu akan menimbulkan masalah pada kesehatan secara umum.

Baca juga: Rajin Sedekah Bisa Bikin Umur Panjang dan Cegah Hipertensi

Bahkan, duduk terlalu lama di kursi setidaknya delapan jam sehari untuk bekerja juga bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan, pekerja kantoran dua kali lebih mungkin meninggal lebih awal.

Bagaimana pun, 11 menit adalah waktu yang singkat untuk berolahraga, apalagi jika memerhatikan besarnya manfaat kesehatan yang mungkin didapat.

Namun, penelitian ini masih berdasarkan ingatan peserta tentang aktivitas fisik, yang mana ingatan manusia bisa saja salah.

Baca juga: Mengenal Diet Okinawa yang Dipercaya Bikin Umur Panjang

"Penilaian aktivitas fisik dan perilaku menetap yang dilaporkan sendiri rentan terhadap kesalahan klasifikasi dan jumlah total aktivitas fisik," kata salah seorang peneliti.

Kendati demikian, bergerak dan berkeringat ringan setiap hari lebih mudah daripada melakukan latihan selama 90 menit.

Beberapa contoh latihan moderat yang bisa dilaukan antara lain jalan cepat, membersihkan rumah, memotong rumput, atau naik sepeda ringan.

Lalu, sebagai dorongan yang lebih besar, menghabiskan waktu untuk bergerak di alam juga dapat meningkatkan kesehatan fisik, serta mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com