Kompas.com - 12/01/2021, 12:56 WIB
Ilustrasi bau badan Kompas.com/WisnubrataIlustrasi bau badan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bau badan tidak saja menjadi masalah mereka yang memilikinya, namun juga bagi orang di sekitarnya. Selain mengurangi rasa percaya diri, bau badan juga mengganggu orang lain.

Karenanya, orang mencari berbagai cara untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari tubuh, mulai dari memakai minyak wangi, sabun, deodoran, hingga bahan-bahan alami.

Khusus untuk yang terakhir, tidak hanya menghilangkan bau badan, deretan bahan alami ini juga memiliki sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Baca juga: Cara Mengetahui Apakah Bau Badan Kita Mengganggu

Bahan-bahan alami seperti daun kemangi yang biasanya disantap sebagai lalapan, ternyata bisa menjadi penghilang bau badan alami. Selain daun kemangi, daun sirih, temulawak, bahkan jahe dan sayuran hijau juga masuk daftar penghilang bau badan alami.

1. Daun sirih

Daun tanaman sirihShutterstock Daun tanaman sirih
Kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya bau badan.

Tak hanya kaya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung serta kesehatan kulit.

Selain itu, daun sirih juga dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah risiko diabetes, menyembuhkan luka maupun peradangan, serta meredakan sakit kepala.

Untuk memperoleh khasiat daun sirih sebagai penghilang bau badan alami, kita dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih maupun membasuhkannya pada kulit ketika mandi.

Baca juga: Mengapa Daun Sirih Identik dengan Perawatan Organ Intim Wanita?

3. Daun kemangi

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X