Kompas.com - 12/01/2021, 15:31 WIB
Ilustrasi diet Mediterania SHUTTERSTOCKIlustrasi diet Mediterania

KOMPAS.com - Menjalani pola makanan sehat seperti diet mediterania memang mendatangkan dampak yang positif terhadap tubuh dan kesehatan.

Namun ternyata, pola diet mediterania ini bisa mendatangkan dampak buruk jika diterapkan pada pola makan ala barat. 

Kesimpulan ini didapat berdasarkan hasil riset di Rush University Medical Center, yang mengungkap adanya pengurangan manfaat diet tersebut dalam kondisi tertentu.

"Mengonsumsi makanan yang menekankan sayuran, buah, ikan, dan biji-bijian utuh dapat secara positif mempengaruhi kesehatan seseorang."

Baca juga: Diet Mediterania Masih Jadi Diet Terbaik di 2021, Kok Bisa?

Demikian dikatakan Puja Agarwal, PhD, ahli epidemiologi gizi dan asisten profesor di Departemen Penyakit Dalam di Rush Medical College, Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

"Tetapi ketika dikombinasikan dengan makanan yang mengandung kalori dan gula tinggi, serta daging merah maupun olahan, manfaat pola makan ini berkurang," sambung dia.

Studi observasional ini mengevaluasi kesehatan kognitif orang di atas usia 65 tahun, yang dilakukan dari tahun 1993-2012.

Studi tersebut merupakan bagian dari proyek Chicago Health and Aging yang melibatkan sebanyak 5.001 lansia yang tinggal di Chicago.

Setiap tiga tahun, responden harus menyelesaikan kuesioner penilaian kognitif yang menguji keterampilan dan memori pemrosesan informasi dasar.

Mereka juga mengisi kuesioner tentang frekuensi konsumsi 144 item makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X