Susah Konsentrasi Bukan Masalah Sepele, Kenali Dampaknya

Kompas.com - 12/01/2021, 17:56 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sulit berkonsentrasi fizkesIlustrasi seorang wanita yang sulit berkonsentrasi

KOMPAS.com - Keluhan sulit konsentrasi meningkat khususnya di tengah pandemi. Penyebabnya beragam, mulai dari rasa bosan karena berada di rumah saja, kesepian, atau pun kurang tidur karena jam kerja yang tidak teratur selama bekerja dari rumah.

Beberapa orang mungkin menganggap sulit konsentrasi adalah masalah sepele. Padahal, sulit konsentrasi dapat memengaruhi produktivitas. Saat tidak fokus, banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan dengan baik.

Sebelum lebih lanjut membahas soal dampak sulit konsentrasi, kenali dulu tanda-tandanya. Berikut ulasannya.

Baca juga: 7 Cara Melatih Fokus agar Tidak Mudah Kehilangan Konsentrasi

1. Tidak bisa duduk diam

Pikiran yang terganggu menyebabkan kegelisahan secara fisik dan mental. Akibatnya seseorang sulit duduk diam sambil melakukan pekerjaan dalam jangka waktu lama.

Misalnya, baru 30 menit mengerjakan tugas, langsung pergi untuk sekadar memeriksa kulkas. Padahal pekerjaan belum selesai dan tahu di dalam kulkas tidak ada apa-apa.

2. Tidak sadar menghabiskan waktu

Kekhawatiran juga membuat seseorang tidak dapat memperkirakan waktu. Begitu sadar, ternyata sudah banyak waktu yang berlalu.

Contoh, tujuan awalnya ingin mengambil air minum di kulkas karena merasa haus saat sedang mengerjakan tugas.  Lalu ternyata sambil minum malah duduk melamun atau bermain ponsel. Begitu sadar, ternyata waktu sudah berlalu 30 menit.

Baca juga: Mindfulness Bantu Anak Lebih Fokus Saat Belajar

 

Halaman:


Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X