Kompas.com - 13/01/2021, 08:26 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.

KOMPAS.com— Tinggal di negara tropis yang hampir sepanjang tahun selalu panas membuat pendingin ruangan (AC) menjadi barang wajib di rumah. Walau begitu, menyalakan AC sepanjang hari tentu membuat tagihan listrik membengkak.

Pilihannya adalah mematikan AC, tapi ini artinya kamu akan merasa kepanasan. Serba salah ya!

Untuk kamu yang ingin ruangannya tetap dingin lebih lama saat AC sudah dimatikan, berikut lima tipsnya:

1. Tutup jendela dan gorden

Terutama pada sore hari saat panas mencapai puncaknya, sinar matahari yang terpantul dari jalan atau atap tetangga dapat dengan cepat meningkatkan suhu di kamar.  Untuk itu, tutuplah jendela dan gorden selama masih ada sisa kesejukan dari dinginnya AC.

Baca juga: Simak, Tips Membersihkan AC di Tengah Pandemi

2. Nyalakan kipas angin listrik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setel kipas ke rendah, biarkan berputar, dan biarkan udara sejuk bersirkulasi di ruangan.  Kamu juga harus meletakkan kipas angin di posisi yang tepat.

Menurut Laboratorium Energi Terbarukan Nasional A.S., kipas harus ditempatkan setidaknya 2,5 meter hingga 3 meter di atas lantai dan 20-25 cm di bawah langit-langit agar udara bergerak dengan benar.

Tips tambahan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli kipas angin gantung yang dinilai lebih efisien daripada kipas berdiri biasa.

Kipas angin gantung akan mampu mendistribusikan udara secara merata ke area yang lebih luas.

Baca juga: Kipas Angin Berdiri Vs Gantung, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.