Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Bisa Bikin Tubuh Langsing Setelah Putus Cinta

Kompas.com - 13/01/2021, 13:02 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Putus cinta membuat sebagian orang mengalami strres berat yang berdampak pada penurunan berat badan.

Psikolog dari New York yang juga pakar stres, Dr Dan Guerra dan Dr Dana Gionta, misalnya, menulis "From Stressed to Centered: A Practical Guide to a Healthier and Happier You".

Di dalamnya, mereka menuliskan fakta bahwa beberapa orang mengalami penurunan berat badan ketika stres, meskipun sebagian lainnya mengalami kenaikan berat badan.

"Ini berhubungan dengan metabolisme tubuh yang berbeda pada setiap individu dan juga berkaitan dengan bagaimana diri kita memproses stres secara psikologis," kata Guerra, seperti dilansir Verywell Fit.

Mengapa sebagian orang bisa mengalami penurunan berat badan setelah putus cinta?

Gionta menjelaskan, kesedihan dan depresi dapat memperlambat metabolisme tubuh seseorang, sehingga kebutuhan makan orang tersebut menjadi lebih sedikit.

Selain itu, tingkat kecemasan yang dialami sejumlah orang setelah putus cinta dapat meningkat secara signifikan dan membuat tumbuh menunjukkan sejumlah gejala, terutama pada sistem pencernaan, endokrin dan kardiovaskular.

Baik Gionta maupun Guerra mengatakan bahwa perubahan fisik dan psikologis yang terjadi pada seseorang ketika mengalami momen putus cinta bisa dengan mudah mengubah pola makannya, seperti napsu makan berkurang atau bahkan menghindari makan sama sekali.

Namun, kondisi ini bisa menjadi baik maupun buruk.

Baca juga: Putus Cinta, Pria Ini Turun Berat Badan 25 Kg

Kamu mungkin pernah mendengar istilah heartbreak diet atau diet putus cinta, yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk memiliki tubuh yang lebih ideal.

Namun, bisakah pola tersebut dipertahankan? Tentu saja bergantung pada sejumlah faktor, termasuk kesehatan dan perasaan orang yang bersangkutan terhadap berat badannya.

Gionta menjelaskan, jika sebelum putus kamu sedang ingin menurunkan berat badan dan putus cinta membuatmu benar-benar menjadi langsing, kamu mungkin terotivasi untuk mempertahankan gaya hidup yang membuatmu langsing.

Namun, jika sebelumnya kamu punya berat badan yang terbilang ideal dan putus cinta membuatmu stres hingga berat badanmu turun, kemungkinan kamu akan kembali ke pola kebiasaan sebelumnya ketika perasaanmu sudah pulih dan berat badanmu akan kembali seperti sebelumnya.

Untuk menilai apakah berat badan setelah putus masuk kategori sehat atau tidak, Guerra menyarankan berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi agar membimbingmu secara tepat jika memang mau menurunkan berat badan.

Baca juga: Jangan Sering Sedih! Sindrom Patah Hati Bisa Membunuh

Agar tetap langsing setelah putus cinta
Jika berat badanmu sehat dan kamu termotivasi untuk menambah atau mempertahankaannya, ada beberapa tips gaya hidup dari Guerra dan Gionta yang bisa kamu terapkan di masa lajang ini, di antaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com