Kompas.com - 13/01/2021, 14:23 WIB
Daun sirih. ShutterstockDaun sirih.

KOMPAS.com - Bau badan sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri, terutama jika sedang berada di dekat orang lain.

Ada beragam penyebab bau badan. Menurut Medical News Today, beberapa di antaranya adalah pubertas, rutin makan pedas, kondisi medis tertentu seperti diabetes, hingga terlalu banyak berkeringat.

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Kondisi yang membuat keringat bau adalah perkembangbiakan bakteri yang terjadi dengan cepat akibat adanya berkeringat, yang kemudian dipecah menjadi asam dan menimbulkan bau tidak sedap.

Nah, selain bisa menggunakan produk-produk penghilang bau badan, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya daun sirih.

Sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah dan mudah dijumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri di rumah.

Menurut SehatQ, kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya bau badan.

Tak hanya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung, serta kesehatan kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bau Badan Mengganggu? Coba Bahan Alami untuk Mengusirnya


Lalu, bagaimana cara pemakaiannya?

Mengutip buku "Tanaman Obat Tradisional (Jilid II)" yang ditulis oleh Sopandi (2018), bagian yang digunakan dari sirih adalah daun, getah dan minyaknya.

Untuk menghilangkan bau badan, dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  • Ambil 2-3 lembar daun sirih lalu rendam di dalam setengah gelas air panas.
  • Tambahkan satu sendok teh gula putih ke dalam air tersebut.
  • Biarkan hingga air hangat kemudian ambil sirihnya agar airnya dapat diminum.

Sementara untuk menghilangkan bau pada ketiak, cobalah melakukan langkah berikut:

  • Ambil selembar daun sirih.
  • Beri sedikit kapur lalu remas-remas daun tersebut.
  • Oleskan lumatan daun pada ketiak agar baunya hilang.

Baca juga: Mengapa Daun Sirih Identik dengan Perawatan Organ Intim Wanita?

Selain bau badan, sirih juga diyakini dapat menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Beberapa langkah yang bisa dicoba, antara lain:

  • Siapkan satu lembar daun sirih yang telah dicuci bersih.
  • Kunyah daun tersebut kemudian tahan selama beberapa menit dalam mulut, lalu ludahkan. Lakukan langkah tersebut 2-3 kali sehari.
  • Cara lainnya, rebus 5-6 lembar daun sirih dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring airnya untuk digunakan berkumur setiap pagi dan sore.

Baca juga: Menghilangkan Bau Badan dengan Garam dan Produk Rumahan, Bisakah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.