Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2021, 14:23 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bau badan sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri, terutama jika sedang berada di dekat orang lain.

Ada beragam penyebab bau badan. Menurut Medical News Today, beberapa di antaranya adalah pubertas, rutin makan pedas, kondisi medis tertentu seperti diabetes, hingga terlalu banyak berkeringat.

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Kondisi yang membuat keringat bau adalah perkembangbiakan bakteri yang terjadi dengan cepat akibat adanya berkeringat, yang kemudian dipecah menjadi asam dan menimbulkan bau tidak sedap.

Nah, selain bisa menggunakan produk-produk penghilang bau badan, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya daun sirih.

Sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah dan mudah dijumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri di rumah.

Menurut SehatQ, kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya bau badan.

Tak hanya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung, serta kesehatan kulit.

Baca juga: Bau Badan Mengganggu? Coba Bahan Alami untuk Mengusirnya


Lalu, bagaimana cara pemakaiannya?

Mengutip buku "Tanaman Obat Tradisional (Jilid II)" yang ditulis oleh Sopandi (2018), bagian yang digunakan dari sirih adalah daun, getah dan minyaknya.

Untuk menghilangkan bau badan, dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  • Ambil 2-3 lembar daun sirih lalu rendam di dalam setengah gelas air panas.
  • Tambahkan satu sendok teh gula putih ke dalam air tersebut.
  • Biarkan hingga air hangat kemudian ambil sirihnya agar airnya dapat diminum.

Sementara untuk menghilangkan bau pada ketiak, cobalah melakukan langkah berikut:

  • Ambil selembar daun sirih.
  • Beri sedikit kapur lalu remas-remas daun tersebut.
  • Oleskan lumatan daun pada ketiak agar baunya hilang.

Baca juga: Mengapa Daun Sirih Identik dengan Perawatan Organ Intim Wanita?

Selain bau badan, sirih juga diyakini dapat menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Beberapa langkah yang bisa dicoba, antara lain:

  • Siapkan satu lembar daun sirih yang telah dicuci bersih.
  • Kunyah daun tersebut kemudian tahan selama beberapa menit dalam mulut, lalu ludahkan. Lakukan langkah tersebut 2-3 kali sehari.
  • Cara lainnya, rebus 5-6 lembar daun sirih dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring airnya untuk digunakan berkumur setiap pagi dan sore.

Baca juga: Menghilangkan Bau Badan dengan Garam dan Produk Rumahan, Bisakah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com