8 Langkah Sederhana Membuat Kompos Sendiri di Rumah

Kompas.com - 13/01/2021, 15:54 WIB
Ilustrasi membuat kompos shutterstockIlustrasi membuat kompos

KOMPAS.com - Tanaman bisa tumbuh subur bila dipelihara dengan baik, misalnya dengan cukup air, sinar matahari, dan media yang tepat. Selain itu, kita juga bisa menyuburkan tanaman dengan memberinya pupuk.

Salah satu pupuk yang bisa kita buat sendiri di rumah adalah kompos. Pemberian kompos pada tanaman akan membuatnya menjadi lebih subur dan ternutrisi.

Kompos dibuat dengan menguraikan limbah dapur atau kebun dan kemudian memasukkannya ke dalam tanah untuk meningkatkan kandungan organiknya.

Kompos biasanya dicampurkan dengan media tanam tanah, atau bisa juga diletakkan sebagai mulsa di sekitar pohon dan semak untuk menyuburkan tanaman hias.

Baca juga: Yuk Buat Pupuk Kompos Sendiri di Rumah

Saat ini, kompos bisa kamu buat sendiri di rumah dengan peralatan sederhana. Cukup gunakan sisa bahan bangunan sepertipalet kayu, balok semen, atau plastik.

Kamu juga bisa menyulap tempat sampah atau ember dengan penutup sebagai wadah untuk membuat kompos.

Namun, perlu digaris bawahi, apa pun yang digunakan sebagai tempat membuat kompos, pastikan membuat lubang udara untuk memungkinkan oksigen masuk dan mempercepat penguraian.

Berikut langkah-langkah sederhana membuat kompos yang bisa kamu coba di rumah:

1. Gunakan kembali palet kayu

Ilustrasi membuat komposshutterstock Ilustrasi membuat kompos
Palet kayu yang biasa digunakan sebagai pengaman saat mengirimkan barang bisa kamu gunakan untuk wadah atau komposter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X