Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu Tahu, 11 Makanan yang Bisa Bantu Para Penderita Asma

Kompas.com - 13/01/2021, 16:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa nutrisi di dalam makanan dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh dan membuat kondisi lorong udara menjadi lebih baik untuk bernapas.

Makanan-makanan yang meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh tersebut juga sangat membantu orang-orang yang menderita asma, alergi, atau sedang mencoba untuk berhenti merokok.

Mau tahu apa saja?

Berikut ini adalah 11 jenis makanan yang membuat pernapasan menjadi lebih baik, seperti yang dilansir laman the Healthy.

1. Apel

Buah apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di lorong udara, fitur umum dari asma dan mengi.

Baca juga: Persalinan Caesar Bikin Bayi Berisiko Tinggi Sakit Asma

"Asma telah meningkat dalam prevalensi," kata Direktur Medis di Rumah Sakit Plainview di New York, Amerika Serikat, Alan Mensch, MD.

"Beberapa orang berspekulasi itu karena diet sehat telah berubah ke diet yang kurang sehat selama beberapa dekade terakhir," sambung dia.

Tapi jangan khawatir, bagi penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya bisa mulai rutin mengonsumsi apel, serta tetap menerapkan pola makan hidup sehat.

2. Minyak zaitun

Lemak mono dan tak jenuh, serta fitonutrien yang ditemukan dalam minyak zaitun sangat bagus untuk kulit, rambut, jantung, dan kesehatan paru-paru.

Faktanya, minyak zaitun dapat membantu melawan risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara seperti peningkatan tekanan darah, gangguan pembuluh darah, dan faktor lain yang membuat pernapasan lebih sulit.

Sebuah studi Badan Perlindungan Lingkungan memberikan minyak zaitun pada responden yang terdiri dari orang-orang dewasa.

Setelah satu bulan, peserta menghirup udara yang disaring dan udara yang tercemar selama beberapa jam.

Hasilnya, minyak zaitun dapat meningkatkan respons pembuluh darah terhadap stres polutan, dan melarutkan gumpalan darah yang dapat menyebabkan sesak napas.

Para peneliti percaya, asam oleat dan komponen anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak zaitun mungkin kuncinya bagi masalah di pernapasan.

Menurut penasihat ilmiah senior untuk American Lung Association, Norman H. Edelman, MD, minyak zaitun membantu melawan efek utama polutan.

Baca juga: Studi: Anak Remaja yang Suka Begadang Berisiko Terserang Asma

"Minyak zaitun menghambat peradangan dan molekul buruk yang berasal dari peradangan, yang merupakan oksidan," ungkap dia.

3. Kopi

Secangkir kopi tidak hanya memberi dorongan pada otak, tetapi juga bisa meringankan gejala asma.

"Kafein adalah bronkodilator ringan. Namun, tidak dapat dibandingkan dengan inhaler," ujar Dr Mensch.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com