Kompas.com - 13/01/2021, 16:05 WIB
ilustrasi sesak napas shutterstock/Twinsterphotoilustrasi sesak napas

KOMPAS.com - Beberapa nutrisi di dalam makanan dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh dan membuat kondisi lorong udara menjadi lebih baik untuk bernapas.

Makanan-makanan yang meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh tersebut juga sangat membantu orang-orang yang menderita asma, alergi, atau sedang mencoba untuk berhenti merokok.

Mau tahu apa saja?

Berikut ini adalah 11 jenis makanan yang membuat pernapasan menjadi lebih baik, seperti yang dilansir laman the Healthy.

1. Apel

Buah apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di lorong udara, fitur umum dari asma dan mengi.

Baca juga: Persalinan Caesar Bikin Bayi Berisiko Tinggi Sakit Asma

"Asma telah meningkat dalam prevalensi," kata Direktur Medis di Rumah Sakit Plainview di New York, Amerika Serikat, Alan Mensch, MD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Beberapa orang berspekulasi itu karena diet sehat telah berubah ke diet yang kurang sehat selama beberapa dekade terakhir," sambung dia.

Tapi jangan khawatir, bagi penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya bisa mulai rutin mengonsumsi apel, serta tetap menerapkan pola makan hidup sehat.

2. Minyak zaitun

Lemak mono dan tak jenuh, serta fitonutrien yang ditemukan dalam minyak zaitun sangat bagus untuk kulit, rambut, jantung, dan kesehatan paru-paru.

Faktanya, minyak zaitun dapat membantu melawan risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara seperti peningkatan tekanan darah, gangguan pembuluh darah, dan faktor lain yang membuat pernapasan lebih sulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.