Kompas.com - 13/01/2021, 21:48 WIB
Ilustrasi vagina. SHUTTERSTOCKIlustrasi vagina.

KOMPAS.com - Sebagian perempuan mungkin merasa keberadaan rambut kemaluan yang lebat membuat tidak nyaman.

Bahkan, beberapa jasa pencukuran atau penghilangan bulu kemaluan (waxing) juga sudah banyak tersedia.

Sebuah studi yang diterbikan JAMA Dermatology pada Oktober 2016 mengungkapkan bahwa motivasi para perempuan mencukur rambut kemaluan adalah alasan higienitas.

Padahal, menurut spesialis obstetri dan ginekologi dari UCSF Medical Center, Tami Rowen, MD, rambut kemaluan yang lebat adalah hal normal dan sebaiknya tidak dihilangkan.

Mengapa demikian? Berikut ulasannya:
1. Melindungi area kewanitaan

Rambut kemaluan dianugerahkan untuk kita agar dapat melindungi area kewanitaan.

Associate profesor ilmu kebidanan, ginekologi, dan reproduksi dari Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai, Mamta Mamik, MD menjelaskan, rambut kemaluan memberikan bantalan terhadap gesekan yang dapat menyebabkan cedera kulit, mencegah kotoran serta bakteri memasuki vagina.

"Rambut kemaluan juga dapat membantu menyebarkan feromon (bahan kimia yang dikeluarkan tubuh untuk menarik pasangan) dan mengurangi kehilangan panas dari tubuh," katanya, seperti dilansir SELF.

Baca juga: Perlukah Vagina Dibersihkan Secara Khusus?

2. Rambut kemaluan adalah sesuatu yang higienis
Ini bertolak belakang dengan anggapan banyak perempuan yang menilai rambut kemaluan lebat adalah sesuatu yang tidak higienis.

Banyak perempuan khawatir rambut kemaluan yang lebat akan menimbulkan bau di sekitar area kemaluan.

Halaman:


Sumber Health,SELF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X