Ketika Anya Geraldine Jatuh dari Sepeda, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 14/01/2021, 10:45 WIB
Anya Geraldine berpose saat media visit film Yowis Ben 2 di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (27/2/2019). Film Yowis Ben 2 dirilis di bioskop 14 Maret 2019 mendatang. KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNGAnya Geraldine berpose saat media visit film Yowis Ben 2 di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (27/2/2019). Film Yowis Ben 2 dirilis di bioskop 14 Maret 2019 mendatang.

KOMPAS.com - Artis peran Anya Geraldine yang kini sedang suka bersepeda mengaku sudah beberapa kali jatuh dari tunggangannya.

Akibatnya, dengkul dan siku Anya pun terluka karena insiden tersebut.

Buat Anya dan juga kamu yang kini sedang gemar bersepeda, mengetahui apa yang harus dilakukan bila terjatuh dari sepeda akan menghindarkanmu dari luka yang lebih serius.

Baca juga: Anya Geraldine Gowes dengan Road Bike Ratusan Juta

Pertama-tama, bila kamu mengalami kecelakaan bersepeda, seperti jatuh, segeralah minggir dari jalanan, agar tak tertabrak pengendara lain. Selanjutnya, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Cek secara menyeluruh

Dr. Michael Ross, pelatih dan dokter yang juga penulis buku Maximum Performance for Cyclists melihat berbagai jenis cedera yang bisa dialami oleh pesepeda.

Menurutnya, kebanyakan pesepeda langsung mencoba berdiri sesaat setelah jatuh. Padahal, kata Ross, yang pertama harus dilakukan adalah berdiam sejenak sebelum bangkit dan bergerak.

Ross juga menyarankan untuk pesepeda agar tidak langsung berkendara sesaat setelah terjatuh.

“Sebelum kamu mulai bersepeda, cek bisakah kamu berjalan-jalan? Bisakah kamu menggerakkan tanganmu ke segala arah? Bisakah kamu melihat ke atas, bawah, kiri dan kanan tanpa rasa sakit?” ujar Ross.

Luangkan waktu sebentar dan nilailah kondisimu sendiri, lalu putuskan apakah kamu bisa kembali mengayuh pedal atau perlu bantuan.

Anya Geraldine berlatih sepeda agar tidak mudah jatuhinstagram Anya Geraldine berlatih sepeda agar tidak mudah jatuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X