BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Shopee Pay

Tetap Produktif, Intip Resolusi Tahun Baru Versi ShopeePay Ini

Kompas.com - 14/01/2021, 14:17 WIB
Ilustrasi resolusi tahun baru Dok. ShutterstockIlustrasi resolusi tahun baru
|

KOMPAS.com - Menyambut pergantian tahun, biasanya sebagian besar orang membuat deretan resolusi yang ingin dicapai selama satu tahun ke depan.

Sayangnya, resolusi tersebut kerap menguap di tengah jalan dan jauh dari kata terwujud. Bahkan, berdasarkan riset yang dilakukan lembaga survei Ipsos di Amerika Serikat, 80 persen responden memilih tidak melanjutkan upaya untuk mewujudkan resolusinya.

Adapun penyebab tidak terwujudnya resolusi tahun baru beragam, mulai dari kehilangan motivasi hingga kurangnya disiplin.

Meski demikian, bukan berarti mewujudkan resolusi adalah hal yang mustahil. Melansir laman The Times Tribune, Jumat (3/1/2020), psikolog Joseph J Luciani menyarankan untuk memulai resolusi dengan membangun kedisiplinan pada diri. Caranya dengan memulai resolusi dari hal kecil terlebih dahulu.

Nah, Anda juga bisa mengikuti saran dari Joseph untuk membuat resolusi tahun ini. Apabila merasa bingung dari mana harus memulai, Anda bisa mengintip deretan inspirasi resolusi tahun baru dari salah satu layanan pembayaran digital terunggul di Indonesia, ShopeePay, berikut ini.

1. Buat perencanaan untuk satu tahun ke depan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perencanaan dan wishlist selama satu tahun ke depan. Dengan perencanaan yang jelas, Anda bisa lebih terorganisasi dan fokus dalam melakukan setiap aktivitas.

Mulailah dengan menuliskan deretan harapan yang ingin diraih selama satu tahun ke depan. Lalu, kembangkan secara terperinci cara meraih harapan tersebut.

2. Prioritaskan gaya hidup sehat

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada awal 2020 menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kesadaran ini perlu dipertahankan dan menjadi bagian dari resolusi 2021.

Anda bisa memulai hal ini dengan langkah-langkah sederhana, seperti rutin berolahraga 10 menit setiap hari, minum air putih delapan gelas per hari, dan mengonsumsi makanan sehat.

3. Menambah skill

Anda yang bekerja di rumah atau work from home (WFH) selama pandemi berkesempatan untuk menambah keterampilan baru, baik keterampilan teknis (hard skill) maupun nonteknis (soft skill).

Pasalnya, saat ini, ada banyak kelas online dan webinar yang bisa diakses dengan mudah untuk meningkatkan keterampilan.

Adapun keterampilan yang bisa dipelajari beragam, tergantung minat dan preferensi yang Anda miliki.

Dengan meningkatkan keterampilan, “nilai jual” atau value Anda akan meningkat sehingga kesempatan baru lebih terbuka lebar. Kepercayaan diri pun akan semakin meningkat.

4. Mencintai diri sendiri

Situasi pandemi membuat kebijakan pembatasan sosial diterapkan. Masyarakat pun harus berdiam di rumah dalam jangka waktu lama. Tak jarang, hal ini membuat banyak orang merasa bosan dan stres.

Untuk mengatasi hal tersebut, upayakan untuk mencintai diri sendiri atau self-love dengan berpikir positif dan bersyukur. Anda juga bisa memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini.

Dengan mencintai diri sendiri, Anda dapat menjaga kesehatan mental pribadi sekaligus memberikan dukungan moral kepada orang lain.

5. Sesuaikan diri dengan gaya hidup baru

Tak hanya berdiam di rumah, pandemi membuat semua orang harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, seperti memperhatikan kebersihan, menjaga jarak, membatasi aktivitas di luar rumah, dan meminimalisasi kontak fisik.

Semua upaya tersebut perlu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan menjaga kesehatan bersama.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan gaya hidup baru ini adalah menggunakan metode pembayaran digital dengan fitur contactless saat berbelanja, seperti ShopeePay.

Dengan fitur contactless yang ada di ShopeePay, kontak fisik dapat diminimalisasi. Proses transaksi pun jadi lebih praktis dan cepat sehingga dapat menghindari kerumunan.

Selain mendukung kebiasaan baru, ShopeePay juga memberi keuntungan bagi pengguna. Keuntungan tersebut berupa promo menarik di ratusan ribu merchant favorit yang telah bekerja sama dengan ShopeePay.

Bukan itu saja, ShopeePay juga menghadirkan fitur Deals Sekitarmu. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu bepergian jauh karena dapat menampilkan promo yang terdekat dari lokasi pengguna.

Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan berharap, ShopeePay dapat menemani pengguna dalam mewujudkan berbagai resolusi tahun baru masyarakat dengan lebih semangat.

“Pada 2021, kami memiliki resolusi untuk terus menghadirkan inovasi produk dan layanan terbaik agar transaksi digital dapat tetap dekat di hati masyarakat Indonesia,” kata Cindy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (13/1/2021).

Meski situasi sulit belum berakhir, lanjut Cindy, pihaknya yakin tiap orang memiliki harapan dan kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan diri pada 2021.

“Untuk itu, kami senantiasa hadir menemani aktivitas sehari-hari masyarakat,” imbuh Cindy.

Nikmati pembayaran digital dan fitur contactless dari ShopeePay dengan mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya