Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu Boots Terbaik Buatan Indonesia, Mana Pilihanmu?

Kompas.com - 14/01/2021, 18:15 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak warisan yang ditinggalkan Belanda selama penjajahannya di Indonesia. Mulai dari arsitektur, infrastruktur, hingga teknik pembuatan sepatu secara welted.

Teknik welted adalah proses pembuatan sepatu yang menyatukan lapisan bagian atas dan insole atau bagian dalam sepatu tanpa adanya jahitan, lalu disambungkan ke sol luar (outsole). Teknik ini biasanya diproses dengan menggunakan tangan.

Belanda mengenalkan teknik welted ke pusat industri sepatu Indonesia yang berada di kawasan Cibaduyut, Bandung.

Kawasan ini dikenal sebagai salah satu daerah pembuatan sepatu yang relatif besar di Asia kala itu, khususnya sepatu boots.

Meski popularitas Cibaduyut sebagai pusatnya sepatu sudah memudar namun hal ini tidak menyurutkan generasi muda di Indonesia untuk mengasah keahlian mereka dan mendirikan merek lokal dengan sepatu boots berkualitas.

Baca juga: Txture, Sepatu Kualitas Dunia dari Kota Kembang...

Hampir seluruh merek lokal menciptakan sepatu boots dengan mengambil inspirasi dari model sepatu boots kelas pekerja di Amerika Serikat.

Tentu kualitasnya beragam. Ada yang biasa saja, tapi ada pula yang mengutamakan kualitas dengan teknik pembuatan dan bahan-bahan yang premium.  

Nah, jika kamu sedang berniat mencari sepatu boots yang keren, tidak perlu melirik brand-brand luar, karena produksi dalam negeri di bawah ini kualitasnya bisa dibilang jauh lebih bagus. 

Berikut adalah beberapa brand lokal yang sangat layak dipertimbangkan jika kamu mencari sepatu boots yang berkelas. Apa sajakah?

1. Txture

Txture Mariana BootsInstagram Txture Mariana Boots
Txture adalah merek sepatu bot asal Bandung yang berdiri di tahun 2009. Sejak awal kemunculannya, Txture memproduksi koleksi sepatu The Top Street. Koleksi ini merupakan tonggak sejarah merek untuk terus menciptakan sepatu bot berkualitas tinggi.

Proses pembuatan sepatu menggunakan cara tradisional dan jenis konstruksi Goodyear, Veldtschoen, Hand Stitched-down, dan Triroles yang semuanya dikerjakan dengan tangan.

Merek ini juga memiliki Mariana Boots, sepatu bot dengan tampilan yang tidak terlalu formal, karena bagian bawah atau outsole menggunakan bahan karet berpola gergaji.

2. Sagara

Sagara LegatantInstagram Sagara Legatant
Ketika merek Sagara lahir di tahun 2010, pendiri merek ini, Bagus Satrio memposisikan sepatu buatannya di kelas premium mulai dengan harga Rp 2 juta saat pertama kali rilis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com