Awas, 6 Kebiasaan Minum Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kematian

Kompas.com - 15/01/2021, 05:59 WIB
Ilustrasi minuman bersoda. SHUTTERSTOCK/ASH POLLARDIlustrasi minuman bersoda.

KOMPAS.com - Ketika bertekad untuk hidup lebih sehat atau bahkan menjalankan program penurunan berat badan, banyak orang cenderung fokus pada makanan dan mengabaikan minuman.

Padahal, apa yang kita minum juga menjadi hal penting, terutama jika dikaitkan dengan sisi nutrisi.

Lebih jauh lagi, kebiasan minum yang tidak sehat ternyata bisa berkontribusi memperpendek umur seseorang. Mengapa demikian?

Berikut sejumah kebiasan minum tidak sehat yang berpotensi mengganggu kesehatanmu dan sebaiknya segera diubah mulai hari ini:

1. Minum kopi lebih dari empat gelas per hari
Meskipun sejumlah penelitian membuktikan bahwa minum kopi memiliki sejumlah manfaat, mengonsumsinya secara berlebih juga tidak baik dan dapat menyebabkan kerusakan tubuh yang serius.

Menurut sebuah studi, orang-orang yang minum lebih dari 28 cangkir kopi seminggu, atau empat cangkir setiap harinya, memiliki risiko 21 persen lebih tinggi untuk meninggal sebelum waktunya.

Dari jenis kelamin, pria disebut punya risiko 50 persen lebih tinggi daripada wanita.

Studi tersebut dilakukan oleh profesor kedokteran dari John Ochsner Heart and Vascular Institute di New Orleans, Carl Lavie, yang diterbitkan melalui Mayo Clinic Proceeding.

Jadi, jika kopi adalah minuman favoritmu, cobalah untuk menjaga konsumsi hariannya kurang dari empat cangkir setiap hari.

Baca juga: Sering Minum Kopi Bisa Memicu Heartburn, Begini Solusinya

2. Rutin minum alkohol berlebih
Rasanya kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa sering minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan serius pada sejumlah organ tubuh dan klaim ini didukung oleh banyak temuan ilmiah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X