Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, 6 Kebiasaan Minum Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kematian

Kompas.com - 15/01/2021, 05:59 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ketika bertekad untuk hidup lebih sehat atau bahkan menjalankan program penurunan berat badan, banyak orang cenderung fokus pada makanan dan mengabaikan minuman.

Padahal, apa yang kita minum juga menjadi hal penting, terutama jika dikaitkan dengan sisi nutrisi.

Lebih jauh lagi, kebiasan minum yang tidak sehat ternyata bisa berkontribusi memperpendek umur seseorang. Mengapa demikian?

Berikut sejumah kebiasan minum tidak sehat yang berpotensi mengganggu kesehatanmu dan sebaiknya segera diubah mulai hari ini:

1. Minum kopi lebih dari empat gelas per hari
Meskipun sejumlah penelitian membuktikan bahwa minum kopi memiliki sejumlah manfaat, mengonsumsinya secara berlebih juga tidak baik dan dapat menyebabkan kerusakan tubuh yang serius.

Menurut sebuah studi, orang-orang yang minum lebih dari 28 cangkir kopi seminggu, atau empat cangkir setiap harinya, memiliki risiko 21 persen lebih tinggi untuk meninggal sebelum waktunya.

Dari jenis kelamin, pria disebut punya risiko 50 persen lebih tinggi daripada wanita.

Studi tersebut dilakukan oleh profesor kedokteran dari John Ochsner Heart and Vascular Institute di New Orleans, Carl Lavie, yang diterbitkan melalui Mayo Clinic Proceeding.

Jadi, jika kopi adalah minuman favoritmu, cobalah untuk menjaga konsumsi hariannya kurang dari empat cangkir setiap hari.

Baca juga: Sering Minum Kopi Bisa Memicu Heartburn, Begini Solusinya

2. Rutin minum alkohol berlebih
Rasanya kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa sering minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan serius pada sejumlah organ tubuh dan klaim ini didukung oleh banyak temuan ilmiah.

Menurut sebuah studi dari jurnal The Lancet, minum alkohol berlebih dapat secara signifikan memperpendek hidup seseorang.

Ambang batas untuk risiko terendah dari semua penyebab kematian adalah sekitar 100 gram per minggu.

Konsumsi alkohol secara berlebih kerap dikaitkan secara linier dengan risiko stroke yang lebih tinggi, penyakit koroner tidak termasuk infark miokard, gagal jantung, penyakit hipertensi yang fatal, hingga aneurisma aorta yang fatal.

Meskipun tidak secara berlebih, konsumsi alkohol tetap akan memberikan efek samping terhadap kesehatan.

Baca juga: Pahami, Risiko Minum Alkohol pada Usia Tertentu

3. Minum soda setiap hari
Soda mengandung gula yang sangat tinggi. Sekalipun kamu tidak sedang berdiet, konsumsi gula berlebih akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com