Kompas.com - 15/01/2021, 09:16 WIB
Ilustrasi anjing jenis cocker spaniel. SHUTTERSTOCK/OTSPHOTOIlustrasi anjing jenis cocker spaniel.

KOMPAS.com— Bau pada tubuh anjing seringkali tak bisa begitu saja hilang. Bahkan, anjing yang paling bersih pun akan mengeluarkan bau khas anjing. Untuk itu, terlalu sering memandikan anjing karena terganggu oleh baunya bukanlah jalan keluar.

Pasalnya, bulu dan kulit pada anjing bisa saja sangat sensitif saat dimandikan.

Aturan umumnya memandikan anjing cukup sebulan sekali. Namun ini semua bergantung sepenuhnya pada ras dan kebiasaan yang biasa dilakukan anjing peliharaanmu.

Ras anjing yang berbeda memiliki jenis bulu yang berbeda pula. Beberapa bahkan tidak memiliki bulu sama sekali, hanya rambut tipis. Sehingga di antara banyak jenis bulu yang berbeda, kebutuhan mandi juga akan berbeda.

Ada anjing yang harus sering dimandikan, ada juga yang dimandikan hanya saat benar-benar perlu mandi, karena mandi akan membuat kulit anjing menjadi kering.

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Memandikan Anjing Peliharaan

Berikut sedikit wawasan tentang seberapa sering anjing harus dimandikan, berdasarkan ras:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Ras berbulu pendek

Trah anjing berambut pendek seperti dachshund atau german shorthaired pointers tak perlu sering-sering mandi. Jenis anjing berbulu pendek ini memiliki kemampuan untuk merontokkan sendiri kotoran dan minyak berlebih secara alami. Jadi, kecuali habis masuk comberan atau got, kamu bisa memandikan anjing ini sebulan sekali.

Ilustrasi anjing ras boxer. SHUTTERSTOCK/FOGDOG STUDIO Ilustrasi anjing ras boxer.

2. Ras dengan lapisan tahan air

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X