Kompas.com - 15/01/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi anjing Wavebreakmedia LtdIlustrasi anjing

KOMPAS.com - Anjing sering disebut memiliki indra keenam. Hewan peliharaan yang bersahabat ini bisa merasakan ketika ada bahaya, dapat merasakan emosi kita, dan beberapa anjing bahkan diketahui bisa mengendus penyakit atau mendeteksi kanker.

Anjing bahkan disebut bisa mendeteksi kehamilan pemiliknya dengan merasakan semua perubahan pada perilaku manusia, lingkungan, dan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Anjing memang bisa saja tahu ada apa dengan tubuh pemiliknya. Meski demikian, bukan berarti sahabat berbulu ini mengetahui dengan persis apa yang sebenarnya terjadi terkait kondisi kesehatanmu, ya!

Hewan ini juga bukan memiliki indra keenam, tetapi beberapa indranya memang lebih sensitif dibanding manusia, misalnya penciumannya.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah anjing tahu saat pemiliknya hamil? Saat seseorang hamil, hormon dalam tubuhnya akan terpengaruh oleh perubahan tersebut.

Sedangkan anjing dapat mendeteksi perubahan pada aroma pemiliknya sekecil apa pun itu. Saat hamil, orang mengeluarkan aroma yang berbeda dari biasanya, yang bisa dirasakan oleh anjing.

Anjing dipercaya dapat merasakan kehamilan bahkan sebelum seseorang mengetahui dirinya sedang hamil. Namun, apakah ini hanya mitos atau hanya sebatas dugaan berdasarkan apa yang kita ketahui tentang anjing?

Lalu, bagaimana kita bisa yakin bahwa kehamilan adalah perubahan yang bisa dirasakan oleh anjing?

Baca juga: Benarkah Anjing Bisa Lihat Hantu?

Anjing memiliki indra penciuman yang luar biasa

Menurut American Kennel Club, anjing memiliki reseptor bau 60 kali lebih banyak daripada manusia. Hewan itu juga mencurahkan 40 kali jumlah kekuatan otak untuk bau itu daripada kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X