Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2021, 09:33 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing sering disebut memiliki indra keenam. Hewan peliharaan yang bersahabat ini bisa merasakan ketika ada bahaya, dapat merasakan emosi kita, dan beberapa anjing bahkan diketahui bisa mengendus penyakit atau mendeteksi kanker.

Anjing bahkan disebut bisa mendeteksi kehamilan pemiliknya dengan merasakan semua perubahan pada perilaku manusia, lingkungan, dan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Anjing memang bisa saja tahu ada apa dengan tubuh pemiliknya. Meski demikian, bukan berarti sahabat berbulu ini mengetahui dengan persis apa yang sebenarnya terjadi terkait kondisi kesehatanmu, ya!

Hewan ini juga bukan memiliki indra keenam, tetapi beberapa indranya memang lebih sensitif dibanding manusia, misalnya penciumannya.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah anjing tahu saat pemiliknya hamil? Saat seseorang hamil, hormon dalam tubuhnya akan terpengaruh oleh perubahan tersebut.

Sedangkan anjing dapat mendeteksi perubahan pada aroma pemiliknya sekecil apa pun itu. Saat hamil, orang mengeluarkan aroma yang berbeda dari biasanya, yang bisa dirasakan oleh anjing.

Anjing dipercaya dapat merasakan kehamilan bahkan sebelum seseorang mengetahui dirinya sedang hamil. Namun, apakah ini hanya mitos atau hanya sebatas dugaan berdasarkan apa yang kita ketahui tentang anjing?

Lalu, bagaimana kita bisa yakin bahwa kehamilan adalah perubahan yang bisa dirasakan oleh anjing?

Baca juga: Benarkah Anjing Bisa Lihat Hantu?

Anjing memiliki indra penciuman yang luar biasa

Menurut American Kennel Club, anjing memiliki reseptor bau 60 kali lebih banyak daripada manusia. Hewan itu juga mencurahkan 40 kali jumlah kekuatan otak untuk bau itu daripada kita.

Para ahli percaya bahwa ini memungkinkan anjing untuk membedakan 30.000 hingga 100.000 aroma. Kemampuan membedakan bau inilah yang memungkinkan anjing mengendus obat-obatan, bom, dan kanker.

Jika anjing bisa mencium bau itu, hewan itu pasti bisa mendeteksi sesuatu yang berubah dalam diri seseorang, seperti kehamilan.

Seberapa dini anjing saya merasakan kehamilan?

Para ilmuwan tidak yakin secara pasti kapan seekor anjing dapat merasakan bahwa seseorang sedang hamil.

Anjing peliharaanmu mungkin bisa merasakan perubahan, tetapi mungkin tidak langsung tahu alasannya, apakah ini kehamilan atau penyakit lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com