Kompas.com - 15/01/2021, 11:08 WIB
Anak bermain sepeda bersama orangtua thinkstock/monkeybusinessimagesAnak bermain sepeda bersama orangtua

KOMPAS.com - Memilih sepeda untuk anak seringkali membingungkan. Terlebih, ukuran anak-anak yang berbeda-beda, membuat orangtua semakin sulit memilihkan sepeda yang tepat.

Apalagi, pilihan sepeda untuk anak biasanya tak banyak dan tidak cukup beragam ketimbang sepeda untuk orang dewasa.

Untuk orangtua yang kebingungan, berikut adalah tips memilih sepeda yang pas untuk anak-anak:

1. Ukuran sepeda anak

Ukuran sepeda anak mengacu pada ukuran roda (ban) mereka. Ini berbeda dengan sepeda dewasa yang umumnya diukur dari ukuran rangka sepeda.

Ukuran roda umum untuk sepeda anak-anak adalah 12 inci, 14 inci, 16 inci, 18 inci, 20 incidan 24 inci. Semakin besar anak, sebaiknya orangtua juga memilih roda yang semakin besar.

  • Anak berusia 2-3 tahun dengan tinggi hingga 1 meter, sebaiknya memilih sepeda dengan diameter 12 inci.
  • Untuk anak berusia 3-4 tahun dengan tinggi 1-1,2 meter, sebaiknya memilih sepeda dengan diameter 14 inci.
  • Anak usia 4-5 tahun dengan tinggi 1,2- 1,5 meter sebaiknya memih sepeda dengan diameter 16 inci dan seterusnya.

Cara terbaik untuk menyesuaikan sepeda untuk anak adalah dengan mengukur inseam (jarak pangkal paha ke tanah). Jangan lewati langkah ini.

Sebuah sepeda yang disarankan untuk anak berusia 5 tahun, mungkin cocok juga untuk anak usia 4 tahun atau 6 tahun, tergantung tinggi anak.

Setiap anak berbeda, dan setiap anak berhak mendapatkan sepeda yang sesuai. Produsen sepeda yang baik akan mengungkapkan panjang inseam yang sesuai untuk setiap sepeda mereka.

Baca juga: Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

2. Menyesuaikan dengan ukuran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X