Kompas.com - 15/01/2021, 18:19 WIB
Ilustrasi madu dan gula SHUTTERSTOCK/Alexander ProkopenkoIlustrasi madu dan gula

KOMPAS.com - Beberapa gangguan kesehatan kerap terjadi ketika kita berada di rumah. Mulai dari pilek, sakit kepala, atau terkena luka dan infeksi.

Tapi jangan khawatir. Kita dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk menjadi pengobatan rumahan yang mudah digunakan.

Mau tahu apa saja?

Mari simak 11 pengobatan rumahan terbaik untuk setiap gangguan kesehatan, seperti dikutip dari laman The Healthy berikut ini.

1. Teh hijau kurangi radang sendi

Antioksidan atau epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ditemukan dalam teh hijau dapat mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology tahun 2016 melakukan percobaan teh hijau pada tikus.

Baca juga: Mengenal Trigger Finger, Radang Sendi Jari yang Bikin Kaku

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun penelitian hewan tidak selalu berlaku untuk manusia, tidak ada salahnya kita menyeruput 1-2 cangkir teh hijau sehari sampai lebih banyak hasil yang bisa dirasakan.

Selain teh hijau, kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai juga dapat mengobati radang sendi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Progress in Drug Research menemukan, kandungan capsaicin baik untuk penyakit di persendian.

Capsaicin dapat mengurangi nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan yang terkait dengan osteoartritis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X