Kompas.com - 15/01/2021, 19:42 WIB
Suasana kemping di Pasir Reungit, Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi destinasi wisata ruang terbuka atau wisata alam seperti taman nasional menjadi salah satu wisata yang aman dikujungi. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana kemping di Pasir Reungit, Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi destinasi wisata ruang terbuka atau wisata alam seperti taman nasional menjadi salah satu wisata yang aman dikujungi.

KOMPAS.com - Berkemah di alam bebas bersama keluarga pada akhir pekan tentunya akan terasa mengasyikkan dan menyenangkan. Selain meningkatkan bonding dengan anak, berada di alam bebas terbukti memberi banyak keuntungan bagi fisik dan mental.

Di sisi lain, berkemah juga mendatangkan sejumlah manfaat. Simak ulasannya berikut ini.

1. Lebih aktif

Saat berkemah, kebanyakan kegiatan dilakukan adalah aktivitas luar ruang. Misalnya mencari kayu bakar, menjelajah alam, berenang di danau, bersepeda, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa mendorong anak menjadi lebih aktif dan baik untuk kesehatan fisik.  Tak bisa dipungkiri, sekarang ini anak lebih sering terpapar gawai sehingga membuatnya kurang bergerak.

Baca juga: Tips Pertama Kali Kemping Bersama Anak

2. Tidur lebih nyenyak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua aktivitas, kesibukan, dan kegembiraan yang dilakukan saat kemping bisa mendorong tidur lebih nyenyak. Terlebih alam bebas menawarkan udara segar yang mungkin jarang ditemui di rumah.

Tidur malam yang lebih baik memberikan sederet manfaat antara lain pikiran lebih tajam dan jelas, serta pola pikir yang lebih positif.

3. Menurunkan stres

Kegiatan di alam bebas juga dapat membantu menurunkan stres. Salah satunya karena 'meninggalkan' teknologi untuk sejenak.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.