Kesedihan Berlangsung Lama Bisa Jadi Tanda Depresi, Kenali Cirinya

Kompas.com - 16/01/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah merasa sedih dalam hidupnya. Entah karena kehilangan, kegagalan, kesulitan, maupun sakit hati.

Perasaan sedih adalah sesuatu yang wajar. Tapi, sedih juga bisa menjadi tanda depresi sehingga tidak boleh dianggap enteng.

" Kesedihan adalah perasaan dan depresi adalah penyakit," kata konselor Julienne B. Derichs, LCPC , kepada Bustle.

Kesedihan umumnya bersifat sementara dan terbatas pengaruhnya. Kesedihan muncul sebagai reaksi dan hanya bertahan selama beberapa jam atau sehari lalu akan hilang.

Sedangkan depresi dapat memengaruhi kehidupan, tingkat energi, serta kemampuan untuk berfungsi dan cenderung bertahan.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Kesedihan Secara Sehat

"Jika seseorang mengalami kesedihan hampir setiap hari selama lebih dari dua minggu, sangat dianjurkan untuk mencari konseling dan pengobatan depresi," kata Derichs.

Beberapa orang mungkin tidak bisa mengenali jika kesedihan yang dialaminya adalah tanda depresi. Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

1. Tidak dipicu oleh hal eksternal

Psikoterapis dan pakar kesehatan mental Marline Francois menyebut kesedihan muncul saat menghadapi situasi yang membuat kecewa.

Kesedihan yang berasal dari hal eksternal itu bukan masalah besar. Tapi, kesedihan yang tiba-tiba muncul dari dalam diri tanpa ada penyebab harus diwaspadai.

Baca juga: Bisa Timbulkan Depresi, Ini 5 Tips untuk Rehat dari Media Sosial

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bustle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X