Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2021, 19:25 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemberian vaksin di Indonesia sudah dilakukan secara bertahap, sejak Presiden Joko Widodo disuntik vaksin pada Rabu 13 Januari lalu.

Kita pun menjadi penasaran dan menunggu giliran untuk divaksin. Namun, ada kekhawatiran dan keraguan pada beberapa orang mengenai keampuhan vaksin dalam membantu tubuh memerangi virus corona.

Selain itu ada juga pertanyaan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum tubuh mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Faktanya, kita tidak memerlukan persiapan apa pun sebelum disuntik vaksin, menurut dokter spesialis penyakit paru Jafar Abunasser, MD.

Abunasser merupakan salah satu dokter yang sudah diberi suntikan vaksin Covid-19. Ia menyebut kita tidak membutuhkan persiapan, seperti meminum obat pereda nyeri.

"Beberapa orang bertanya, 'apakah kita harus minum obat sebelumnya untuk mencegah alergi atau demam?' Jawabannya adalah tidak," sebut Abunasser.

"Ini (vaksin Covid-19) tidak berbeda dengan vaksin lainnya. Anda dapat memantaunya setelah Anda divaksin."

Namun, dia menganjurkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter tentang adanya pengaruh pada alergi yang kita punya sebelum divaksin.

Baca juga: Penderita Saluran Pencernaan Kronis Tak Boleh Divaksin, Apa Sebabnya?

"Jika dijadwalkan untuk mendapatkan vaksin, Anda tidak perlu apa pun, tetapi ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan," tutur dia.

"Misalnya, jika menggunakan pengencer darah, Anda harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan sehingga dapat mempersiapkan langkah untuk menghindari pendarahan berlebih dari jarum suntik."

"Jadi secara umum, cek pengobatan dan kondisi kesehatan Anda dengan dokter untuk memastikan semua itu tidak akan mengganggu proses pemberian vaksin," tambahnya.

Orang dengan alergi tertentu, kata Abunasser, juga bisa mendapat vaksin Covid-19.

Namun, jika kita belum yakin akan kemungkinan alergi dari bahan-bahan yang terkandung dalam vaksin, bicarakan dengan dokter atau pakar kesehatan lainnya.

"Alergi apa pun, seperti alergi serbuk bunga atau alergi kacang bukanlah kontraindikasi untuk mendapatkan vaksin," katanya.

"Bicarakan apa yang Anda cemaskan dengan dokter, karena dokter dapat mengetahui riwayat penyakit Anda dari catatan atau tes. Dokter akan memeriksa untuk melihat apa ada bahan vaksin yang memengaruhi kondisi Anda."

Baca juga: Mengapa Penderita Asma Belum Bisa Divaksin Covid-19?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com