Kompas.com - 18/01/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi produk kecantikan. SHUTTERSTOCKIlustrasi produk kecantikan.

KOMPAS.com - Perseteruan dr. Richard Lee dengan artis Kartika Putri menjadi sorotan publik dalam beberapa waktu terakhir.

Perseteruan keduanya bermula dari Richard Lee yang memberikan edukasi melalui kanal YouTube miliknya tentang salah satu produk kecantikan berupa krim wajah yang dinilai berbahaya.

Melalui uji laboratorium, Lee menyebut produk tersebut mengadung merkuri, yang pada uji lab berikutnya ternyata ditemukan produk tersebut mengandung hidrokuinon.

Penggunaan produk mengandung hidrokuinon sendiri perlu dilakukan dengan pengawasan dokter.

Dalam hal pemberian resep oleh dokter kulit atau dokter estetik sekalipun, krim mengandung hidrokuinon umumnya dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengurangi potensi efek sampingnya dan di kontrol durasi pemakaiannya.

Seperti diungkapkan oleh dr Arini Astasari Widodo, SpKK, beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan setelah pemakaian produk kecantikan mengandung hidrokuinon secara tidak tepat antara lain iritasi, eritema (kemerahan pada wajah, terutama jika terkena sinar matahari), leukoderma atau depigmentasi confetti like (bercak putih pada kulit dengan pola menyerupai confetti), hingga kronis eksogen.

Tak hanya hidrokuinon, masyarakat sebetulnya juga perlu mewaspadai kandungan merkuri atau steroid dalam produk kosmetik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika hidrokuinon masih dapat digunakan dengan pengawasan dokter dan dengan indikasi yang tepat, merkuri sudah masuk kategori kandungan yang dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Jangan Asal Gunakan Produk Mengandung Hidrokuinon, Ini Akibatnya

Tips memilih kosmetik aman
Label izin edar BPOM sering kali menjadi acuan masyarakat dalam membeli produk kecantikan.

Padahal, masih banyak faktor lainnya yang juga penting untuk diperhatikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.