Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 11:31 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Manfaat lemon dan madu untuk kesehatan sebenarnya bukanlah info rahasia. Sudah banyak orang yang rutin mengonsumsi keduannya setiap hari karena yakin akan khasiatnya. Secara ilmiah, minum air lemon yang dicampur madu juga ternyata sudah terbukti sehat.

Lemon dan madu masing-masing sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lantas bagaimana jika keduanya dicampur? Tentu, manfaatnya pun akan semakin kaya.

Baca juga: Mau Coba Diet Keto? Pahami Dulu Pertimbangan Penting Ini

Berikut ini khasiat yang bisa kita rasakan dari campuran lemon dan madu.

1. Membantu menurunkan berat badan

Ada beberapa cara air lemon madu bisa membantu menurunkan berat badan. Pertama, untuk mengurangi bobot, minum air dan air lemon madu bisa jadi salah satu alternatifnya.

Dengan menambah asupan cairan, maka metabolisme di tubuh pun meningkat dan membuat kita merasa lebih kenyang.

Dengan demikian, kita akan makan lebih sedikit dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh pun akan berkurang. Hal tersebut akan sangat membantu memangkas bobot berlebih di tubuh.

Kedua, air lemon dan madu bisa menjadi alternatif minuman manis yang lebih sehat dibandingkan dengan soda maupun jus buah kemasan.

Kalori dan kandungan gula pada minuman kemasan jauh lebih tinggi dibanding air lemon madu. Dengan berhenti mengonsumsi minuman-minuman tersebut, maka tubuh akan terhindar dari kelebihan kalori.

Baca juga: Apakah Air Lemon Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

2. Secara tradisional kerap dijadikan detoks alami

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa campuran lemon dan madu bisa membantu membuang racun di tubuh.

Namun secara tradisional, kedua bahan ini dipercaya bisa membersihkan usus dan menyingkirkan bakteri jahat di saluran pencernaan.

Saat minum air lemon madu, frekuensi buang air kecil juga akan meningkat, dan dengan keluarnya urine, dipercaya bisa mempercepat terbuangnya racun dari tubuh.

Apabila ingin mengonsumsi air lemon madu sebagai salah satu cara detoks, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

3. Baik untuk pencernaan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com