Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 13:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber BHG

KOMPAS.com - Membawa anjing peliharaan untuk jalan-jalan adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan pemilik anjing demi menjaga fisik dan mental peliharaannya.

Selain itu, berjalan-jalan dengan anjing juga bisa digunakan sebagai kesempatan untuk sekaligus berolahraga.

Untuk keamanan, kita biasanya akan mengikat leher anjing dengan tali saat berjalan-jalan. Pemasangan tali ini terlihat cukup mudah dilakukan, namun banyak pemilik anjing yang kerap salah memasang tali dan membuat anjing merasa tidak nyaman.

Adapula beberapa kesalahan lain yang sering dilakukan pemilik saat berjalan-jalan dengan anjing dan berbahaya bagi hewan itu dan orang lain.

Berikut adalah lima kesalahan yang umum dilakukan oleh pemilik anjing saat mengajak berjalan-jalan:

1. Terlalu dekat dengan anjing asing

Saat berjalan-jalan, tak jarang kita bertemu dengan anjing lain, entah itu anjing liar atau anjing peliharaan orang lain.

Beberapa dari kita mungkin akan membiarkan anjing kita mengendus anjing lain untuk memberikan kesempatan bersosialisasi. Namun rupanya ini adalah hal yang salah.

"Tidak semua anjing berinteraksi dengan baik dengan anjing lain atau bahkan manusia asing," jelas Jenifer Chatfield D.V.M., seorang dokter hewan di Emergency Vet 24/7.

"Jika kamu tidak mengenal seekor anjing, yang terbaik adalah menghindari agar anjing tidak dipaksa untuk berinteraksi dengannya atau bahkan dengan kucing yang sedang keluar dengan pemilik mereka,” imbuhnya.

Beberapa anjing bisa menjadi agresif bila bertemu dengan hewan atau orang yang tidak dikenalnya, dan ini bisa membahayakan.

Bila ingin mendekati hewan lain, pemilik harus melakukannya secara bertahap dan melihat adakah tanda-tanda anjing merasa tidak nyaman.

Baca juga: Dipisahkan dari Pemilik Bisa Bikin Anjing Stres

2. Menggunakan tali yang salah

“Tali yang bisa ditarik sepertinya ide yang bagus karena bisa membiarkan anjingmu berkeliaran tanpa melarikan diri,” kata Rebecca Greenstein, D.V.M., penasihat medis hewan untuk Rover. Tetapi itu bukan tali yang sebaiknya digunakan.

Faktanya, tali pengikat yang dapat diperpanjang bisa berbahaya.

Halaman:
Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com