5 Kesalahan Umum saat Mengajak Anjing Jalan-jalan

Kompas.com - 18/01/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi anjing shutterstockIlustrasi anjing

KOMPAS.com - Membawa anjing peliharaan untuk jalan-jalan adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan pemilik anjing demi menjaga fisik dan mental peliharaannya.

Selain itu, berjalan-jalan dengan anjing juga bisa digunakan sebagai kesempatan untuk sekaligus berolahraga.

Untuk keamanan, kita biasanya akan mengikat leher anjing dengan tali saat berjalan-jalan. Pemasangan tali ini terlihat cukup mudah dilakukan, namun banyak pemilik anjing yang kerap salah memasang tali dan membuat anjing merasa tidak nyaman.

Adapula beberapa kesalahan lain yang sering dilakukan pemilik saat berjalan-jalan dengan anjing dan berbahaya bagi hewan itu dan orang lain.

Berikut adalah lima kesalahan yang umum dilakukan oleh pemilik anjing saat mengajak berjalan-jalan:

1. Terlalu dekat dengan anjing asing

Saat berjalan-jalan, tak jarang kita bertemu dengan anjing lain, entah itu anjing liar atau anjing peliharaan orang lain.

Beberapa dari kita mungkin akan membiarkan anjing kita mengendus anjing lain untuk memberikan kesempatan bersosialisasi. Namun rupanya ini adalah hal yang salah.

"Tidak semua anjing berinteraksi dengan baik dengan anjing lain atau bahkan manusia asing," jelas Jenifer Chatfield D.V.M., seorang dokter hewan di Emergency Vet 24/7.

"Jika kamu tidak mengenal seekor anjing, yang terbaik adalah menghindari agar anjing tidak dipaksa untuk berinteraksi dengannya atau bahkan dengan kucing yang sedang keluar dengan pemilik mereka,” imbuhnya.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X