Kisah Kebaya, Upaya Didiet Maulana Telusuri Akar Busana Nasional Indonesia

Kompas.com - 18/01/2021, 15:49 WIB
Didiet Maulana. DOK IKAT INDONESIADidiet Maulana.

KOMPAS.com - Kebaya, salah satu busana perempuan Indonesia, ternyata sudah disebut oleh Stamford Raffles sejak tahun 1817. Kebaya dikenal sebagai blus bukaan depan dengan bahan renda, brokat, dan velvet.

Sampai sekarang, kebaya masih ada dan tidak punah. Warisan budaya ini akan tetap lestari selama masyarakat masih menganggapnya relevan.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum mengenal sejarah kebaya karena busana nasional ini seringkali muncul setahun sekali, yaitu pada peringatan Hari Kartini atau di acara pernikahan.

Untuk memperkaya khasanah tentang sejarah dan perjalanan kebaya lintas generasi, termasuk cara padu padannya, desainer Didiet Maulana meluncurkan buku Kisah Kebaya.

Sepanjang kariernya Didiet banyak menciptakan rancangan busana dan wastra tradisional Indonesia yang elegan dan cantik.

Baca juga: Didiet Maulana Luncurkan Wadah Khusus untuk Berbagi Cerita

Didiet mengaku sudah mengenal kebaya sejak kecil.

"Nenek saya adalah inspirasi saya dalam mempelajari kebaya," kata Didiet dalam konferensi pers peluncuran buku "Kisah Kebaya" yang diselenggarakan virtual pada Senin (18/1/2021).

Tidak cukup hanya mengagumi kebaya, ia pun berusaha menggali lebih dalam tentang sejarah busana ini.

Setelah melakukan riset dan pengerjaan bertahun-tahun, pengetahuan yang didapat mengenai kebaya Indonesia ia tuangkan ke dalam buku bertajuk "Kisah Kebaya".

"Pada tahun 2012 saya mendapatkan dokumen seputar kebaya. Sayang kalau dokumen itu saya serap sendiri," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X