Puting Lecet Saat Lari Jarak Jauh? Ini 3 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/01/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi lari jarak jauh Pavel1964Ilustrasi lari jarak jauh

KOMPAS.com - Berlari memang menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyehatkan. Tapi ada kalanya, aktivitas berlari dapat menyebabkan lecet pada beberapa bagian tubuh.

Secara khusus, adakalanya bisa ada lecet di bagian puting, bahkan hingga mengeluarkan darah.

Nah, meski demikian, lecet yang timbul umumnya terjadi pada pelari jarak jauh, dan sering kali disebabkan karena baju yang berkeringat.

Baca juga: Mengenal Fungsi Puting pada Tubuh Pria

Demi mengatasinya, dokter keluarga dari Cleveland Clinic, Sarah Beers, MD membagikan solusinya, sehingga kita dapat berlari dengan lebih nyaman.

1. Ganti pakaian

Salah satu penyebab besar puting mengalami lecet karena adanya gesekan dengan bahan bahan tertentu.

"Pakaian berbahan katun dikenal dapat menyebabkan iritasi karena pakaian katun bisa menjadi berat dan basah akibat keringat," ungkap dia.

Untungnya, beberapa tahun terakhir, sudah ada pakaian-pakaian lari yang dirancang untuk mencegah masalah gesekan yang membuat puting lecet.

Pakaian lari juga terbuat dari bahan sintetis yang lebih ringan dan menyerap keringat untuk mencegah iritasi.

Baca juga: Menggunakan Tekstur Puting untuk Menenangkan Bayi

Dan, semuanya hadir dalam berbagai gaya, warna, dan pilihan di berbagai musim, yang berarti kita akan terlindungi sepanjang tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X