Kompas.com - 19/01/2021, 06:57 WIB
Penggunaan produk kosmetik dengan kandungan berbahaya bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, termasuk efek samping permanen. SHUTTERSTOCKPenggunaan produk kosmetik dengan kandungan berbahaya bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, termasuk efek samping permanen.

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mendambakan kulit yang putih, cerah dan bersih, kemudian mencari produk yang diyakini bisa memberikan hasil instan.

Sayangnya, banyak produk kosmetik memberi hasil instan, tetapi berbahaya bagi kulit.

Beberapa kandungan yang perlu diwaspadai misalnya steroid, merkuri dan hidrokuinon.

Menurut dr Arini Astasari SpKK, steroid banyak digunakan sebagai kandungan dalam produk kosmetik ilegal.

Penggunaan steroid yang tidak tepat memiliki berbagai efek samping buruk yang sering kali menimbulkan kerusakan kulit permanen.

Selain steroid, kandungan lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah merkuri dan hidrokuinon.

Penggunaan merkuri dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan seharusnya tidak digunakan sebagai pemutih oleh dokter, sementara hidrokuinon harus digunakan dengan pengawasan dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal pemberian resep oleh dokter kulit atau dokter estetik sekalipun, krim mengandung hidrokuinon umumnya dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengurangi potensi efek sampingnya dan di kontrol durasi pemakaiannya.

"Tapi kerap kali kita temukan di krim yang di jual gelap, online, tidak memiliki sertifikasi BPOM mengandung hydroquinone, tidak sedikit pasien datang akibat efek samping karena penggunaan ingredients tersebut secara abusive," ungkap Arini kepada Kompas.com, Senin (18/01/2021).

Baca juga: Jangan Asal Gunakan Produk Mengandung Hidrokuinon, Ini Akibatnya

Ada beragam kondisi kulit yang mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan produk kosmetik dengan kandungan berbahaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X