4 Cara Kembali Bangun Kepercayaan terhadap Pasangan

Kompas.com - 19/01/2021, 10:19 WIB
ilustrasi pasangan Shutterstockilustrasi pasangan

KOMPAS.com - Dalam suatu hubungan, kepercayaan terhadap pasangan adalah hal penting. Namun kepercayaan dapat dirusak walau hanya dengan satu kebohongan kecil.

Ketika kepercayaan rusak, sulit untuk membangunnya kembali karena perasaan terluka dan tersakiti sangat dalam.

Beberapa orang bahkan sampai ada yang mempertimbangkan kembali apakah hubungan masih bisa dilanjutkan atau harus diakhiri.

Bagi yang memilih melanjutkan hubungan, biasanya akan sulit lagi mempercayai kata-kata pasangan. Bila dibiarkan, permasalahannya bisa semakin besar.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencoba kembali membangun kepercayaan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertimbangkan alasan di balik kebohongan

Ketika seseorang dibohongi, mungkin dia tidak terlalu peduli dengan alasan di baliknya karena sudah terlanjur merasa sakit hati.

Tapi di sisi lain, ada alasan tersendiri di balik kebohongan. Apabila pasangan berbohong, tanyakan kepadanya mengapa ia berkata tidak jujur.

Pertimbangkan alasan tersebut untuk mengambil keputusan yang benar. Posisikan diri sebagai pasangan dan pikirkan reaksi apa yang akan diambil jika berada dalam situasi yang sama.

Meskipun pasangan berbohong untuk melindungi dirinya, mungkin saja ada tujuan lain. Terkadang, kebohongan disebabkan oleh miskomunikasi atau kesalahpahaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X