Kompas.com - 20/01/2021, 07:28 WIB
Kopi hitam yang disajikan di Kopi Johny, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) pagi. Kopi Johny belakangan banyak diperbincangkan setelah kerap disinggung oleh pengacara Hotman Paris di akun Instagramnya. KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRAKopi hitam yang disajikan di Kopi Johny, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) pagi. Kopi Johny belakangan banyak diperbincangkan setelah kerap disinggung oleh pengacara Hotman Paris di akun Instagramnya.

KOMPAS.com - Kebiasaan minum kopi kerap dikaitkan dengan gangguan siklus tidur.

Meskipun, kita semua tahu bahwa tubuh setiap orang merespons kafein, senyawa di dalam kopi, secara berbeda-beda.

Namun, pakar tidur tersertifikasi dan psikolog klinis, Michael J. Breus, PhD yang juga dikenal dengan nama "Dokter Tidur", mengklaim bahwa rahasia agar bisa cepat mengantuk di waktu tidur siang adalah kopi.

Lho, mengapa demikian?

Sebelum pembahasan lebih jauh, Breus menekankan bahwa dirinya tetap sepakat dengan para pakar lainnya bahwa kafein dapat mengganggu tidur dengan membuat seseorang terjaga.

"Kafein dapat dikatakan sebagai salah satu gangguan terbesar untuk tidur kita," kata dia, seperti dilansir Mind Body Green.

Namun masalahnya, ada perbedaan antara tidur nyenyak teratur di malam hari dan tidur siang kilat, yang umumnya dianjurkan dilakukan sekitar 30 menit saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Breus menjelaskan, seseorang merasa mengantuk karena adanya penumpukan senyawa adenosin di otak.

Senyawa tersebut dapat memperlambat aktivitas sel saraf di otak yang menyebabkan kantuk.

Sementara yang dilakukan kafein adalah mengikat reseptor adenosin tersebut dan secara efektif mempercepat kembali aktivitas sel saraf, yang akan memberikan sentakan energi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.