Aritmia Bisa Sebabkan Kematian, Ketahui Sejumlah Gejalanya

Kompas.com - 20/01/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi penyakit jantung. SHUTTERSTOCKIlustrasi penyakit jantung.

KOMPAS.com - Aritmia atau kelainan listrik jantung, sebagai salah satu jenis penyakit jantung, mungkin sudah cukup akrab di telinga kita.

Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi, Dr. Ignatius Yansen NG., Sp.JP(K), FIHA, menjelaskan, penderita aritmia memiliki kelainan pada irama atau laju jantungnya.

"Seseorang terdiagnosa penyakit aritmia bila mengalami gangguan pada jantung yang berdetak sangat cepat atau sangat lambat, atau bahkan merasakan irama jantungnya tak beraturan," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Seseorang yang mengalami gangguan aritmia, baik terlalu cepat atau terlalu lambat, organ jantungnya tidak dapat memompa darah dengan cukup ke seluruh tubuh.

Kondisi inilah yang mengakibatkan penderita aritmia merasa lemas, sesak napas bahkan hilang kesadaran.

Pada kondisi tertentu, aritmia bahkan bisa mengancam nyawa.

"Gangguan irama berat dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh yang vital dan bahkan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau kematian," kata Yansen.

Baca juga: Ketahui, Kematian Mendadak Tak Selalu karena Penyakit Jantung

Gejala aritmia
Pada dasarnya, terdapat dua jenis artimia yang sering ditemui, yakni takikardia dan bradikardia.

Takikardia terjadi bila keadaan jantung berdetak terlalu cepat dari kecepatan normal, dengan lebih dari 100 ketukan per menit pada orang dewasa dalam kondisi istirahat.

Sementara bradikardia terjadi bila laju jantung terlalu lemah atau lambat, dengan kurang dari 60 ketukan per menit pada orang dewasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X