Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2021, 18:19 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memakai masker seharian saat beraktivitas merupakan hal yang wajib selama pandemi ini. Sayangnya, masker yang akibat keringat dan uap napas dapat membuat pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul jerawat.

Faktor penyebab lain dari jerawat akibat masker (maskne) adalah gesekan antara material masker yang menggosok kulit sehingga terjadi iritasi, terutama pada pemilik kulit sensitif.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat selama pandemi. Dengan demikian kita tak perlu ragu lagi menggunakan masker.

- Pilih bahan masker yang tepat
Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato mengatakan, pilih bahan masker yang membuat kita tetap nyaman bernapas.

“Tidak semua bahan dibuat sama. Poliester misalnya, terkadang dapat memerangkap keringat, menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat,” katanya dalam siaran pers.

Jika kulit Anda termasuk mudah berjerawat, piih masker dari kain katun karena dapat membantu menyerap keringat.

“Rajin mengganti dan mencuci masker secara teratur juga dapat membantu meredakan jerawat dan kulit kemerahan atau radang,” imbuhnya.

Baca juga: Bagaimana Menghindari Munculnya Jerawat Selama Pandemi?

- Persiapkan kulit
Walau sebagaian wajah tertutup masker, jangan malas untuk menggunakan pelembab. Laura merekomendasikan produk yang mengandung bahan-bahan seperti chamomile dan aloe vera, yang memiliki sifat menenangkan kulit.

Sebaiknya jangan menggunakan riasan tebal dan berminyak agar pori-pori tidak tersumbat. Jika harus menggunakan riasan, pilih kosmetik berbahan dasar mineral yang menyerap minyak di kulit.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

- Setelah memakai masker

Tak kalah penting adalah membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Bila perlu, cuci muka ketika kulit berkeringat karena memakai masker.

Gunakan sabun wajah yang lembut untuk mengangkat sisa minyak, debu, dan keringat. Hindari produk yang mengandung alkohol atau parfum karena kandungan ini dapat menyebabkan iritasi sehingga jerawat sulit pulih.

Akhiri perawatan kulit dengan menggunakan pelembab yang memiliki kandungan menenangkan kulit dan nonkomedogenik.

Jika penyebab jerawat adalah karena iritasi akibat gesekan masker, Anda bisa menggunakan krim dan pelembab yang mengandung ceramide. Kandungan ini membantu melindungi kulit dan mengatasi iritasi serta gatal di kulit. 

Baca juga: Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

- Membuat bahan masker perawatan kulit

Jika Anda mengalami kekeringan, iritasi, atau gatal yang berlebihan setelah menggunakan masker, Anda juga bisa membuat masker yang melembabkan. Anda membutuhkan tiga bahan sederhana, yaitu 3 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan herbal aloe soothing gel dan 1 sendok makan madu

Cara membuatnya; masak oatmeal dengan 2 sendok makan air selama 20 sampai 30 detik. Keluarkan dari microwave dan tambahkan 2 sendok makan Herbal Aloe Soothing Gel dan 1 sendok makan madu ke dalam oatmeal panas. Biarkan oatmeal dingin lalu oleskan ke wajah, sebaiknya dengan facial brush.

Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Oatmeal dan madu dikenal karena khasiatnya yang melembabkan, dan herbal aloe soothing gel  dapat melembabkan kulit. Terakhir, cuci bersih
wajah menggunakan air hangat dan sabun bebas sulfat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com