8 Cara Mengatur Waktu Tidur Bayi yang Baru Lahir

Kompas.com - 20/01/2021, 21:25 WIB
Ilustrasi bayi tidur javi_indyIlustrasi bayi tidur

KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering dihadapi orangtua bayi baru lahir atau newborn adalah jam tidur berantakan.

Biasanya orangtua akan begadang karena bayinya terbangun di malam hari. Kalaupun bisa tertidur, itu pun hanya sebentar dan kualitas tidak baik.

Akan tetapi, menurut konsultan tidur pediatrik Ingrid Prueher, sebenarnya tidak ada yang namanya tidur buruk saat bayi baru lahir.

"Adanya hanya kebiasaan tidur yang buruk dan itu dapat diubah," kata Prueher.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua newborn agar anaknya memiliki jadwal tidur yang baik.

1. Jaga rutinitas

"Salah satu cara bayi belajar sudah waktunya tidur adalah dari isyarat di lingkungan," ujar Deborah Givan, MD, profesor emerita pediatri klinis di Indiana University School of Medicine.

Kira-kira 30 menit sebelum waktu tidur, kurangi kebisingan dan redupkan lampu. Pencahayaan tepat sangat penting umtuk mengatur jam internal bayi.

"Otak mengasosiasikan terang dan gelap dengan terjaga atau tertidur. Mematikan lampu di malam hari dan memaparkan bayi pada cahaya terang di pagi hari akan membantu proses ini," kata Givan.

Dia menyarankan agar rutinitas dilakukan secepat mungkin. Idealnya saat usia bayi 6-8 minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X