Kompas.com - 22/01/2021, 12:58 WIB
Ilustrasi wanita jomblo SHUTTERSTOCKIlustrasi wanita jomblo

KOMPAS.com - Ada dua alasan yang membuat seseorang melajang. Pertama, sedang nyaman hidup sendiri dan enggan menjalin komitmen dengan orang lain.

Kedua, tak kunjung mendapatkan pasangan yang sesuai kriteria. Bagi beberapa orang, melajang dengan alasan kedua mungkin bisa mendatangkan rasa sedih.

Tapi bukan berarti melajang tidak mendatangkan kebahagiaan. Berikut 10 cara menjadi lajang yang bahagia :

1. Prioritaskan pertemanan
Saat hidup tanpa pasangan, lajang harus sedikit lebih proaktif dalam berhubungan dengan orang lain. Walau awalnya mungkin terasa sulit, menurut psikoterapis Megan Bruneau MA, ini adalah langkah yang sepadan.

"Hubungan sosial jelas berkorelasi dengan kesehatan mental. Isolasi atau pemutusan hubungan dengan orang lain memperbesar peluang terjadinya kecemasan dan depresi," kata Bruneau.

Baca juga: Kehidupan Sosial, Kunci Mencegah Depresi

2. Kencan dengan diri sendiri

Jadilah pasangan bagi diri sendiri dan berikan semua cinta yang diharapkan dari orang lain. Ada banyak bentuk mencintai diri sendiri, misalnya fokus pada diri sendiri atau membeli sesuatu sebagai reward bagi kerja keras kita.

"Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup," kata psikoanalis dan pakar hubungan, Babita Spinelli, LP.

"Ini kesempatan bagus untuk 'berkencan' dan mengenal diri sendiri," tambahnya.

3. Coba hal baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X