Kompas.com - 22/01/2021, 13:47 WIB
Ilustrasi bahagia shutterstockIlustrasi bahagia

KOMPAS.com - Memiliki pasangan memang bisa mendatangkan kebahagiaan. Tapi bukan berarti hidup melajang membuat seseorang terpuruk.

Ada banyak hal yang didapatkan ketika seseorang melajang. Psikoanalis dan pakar hubungan, Babita Spinelli, LP serta psikoterapis Megan Bruneau MA mengungkapkan manfaat menjadi lajang.

Apa saja keuntungan jadi lajang?

1. Memperkuat hubungan dengan diri sendiri

"Kedengarannya klise, tapi menjadi lajang memberi kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan diri sendiri," kata Bruneau.

Menurutnya, para lajang bisa belajar mencari ke dalam dirinya terkait dorongan dan dukungan suatu nilai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fokus pada diri sendiri dapat mengubah suara batin seorang lajang dari kritis menjadi lebih berbelas kasih. Ini adalah saat yang tepat untuk belajar mencintai diri sendiri.

Baca juga: 9 Keuntungan Hidup Melajang

2. Mencari tahu hal yang diinginkan

"Menjadi lajang memberi ruang bagi seseorang untuk belajar lebih banyak hal tentang dirinya sendiri," jelas Spinelli.

"Ada lebih banyak kejelasan tentang siapa diri kita sebenarnya. Seseorang cenderung menikmati kebersamaannya dengan diri sendiri saat menjadi lajang," tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X