Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2021, 16:37 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Melakukan tindakan pencegahan terhadap virus SARS-COV-2 telah menjadi fakta kehidupan sehari-hari sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Tetapi dengan ditemukannya varian vrisu baru yang sangat menular dari Inggris, para ahli medis memperingatkan bahwa peningkatan penularan kemungkinan akan menyebabkan lonjakan kasus.

Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan, varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris kini sudah menginfeksi 50 negara.

Namun jangan khawatir. Para ahli telah merekomendasikan langkah-langkah yang akan membuat kita tetap aman dari penularan seperti berikut ini.

1. Ikuti terus panduan dasar

Sementara virus mungkin sedikit berubah, ternyata tindakan terbaik untuk menghindarinya  tetap sama, yaitu mengikuti protokol kesehatan.

Baca juga: Apakah Vaksin Dapat Melawan Varian Baru Corona? Ini Penjelasan WHO

Sejak pertama kali Covid-19 menyerang, para ahli terus mengingatkan kita untuk mengenakan masker wajah, menghindari kerumunan, mencuci tangan secara teratur, dan menghabiskan waktu di dalam rumah.

"Saya pikir tidak ada ruang untuk kesalahan atau kecerobohan dalam mengikuti tindakan pencegahan, sedangkan sebelumnya, kita mungkin bisa lolos dengan membiarkan satu virus."

Demikian dikatakan oleh profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, yang juga merupakan ilmuwan aerosol terkemuka, Linsey Marr, PhD.

2. Pikirkan kebutuhan harian

Meskipun pandemi global belum diatasi, kebutuhan pergi ke toko atau supermarket untuk membeli persediaan makanan tetaplah penting.

Dengan adanya kecemasan akan strain virus baru, perjalanan ke supermarket atau pasar menjadi lebih berisiko dari sebelumnya.

Supaya tetap aman, para ahli hanya merekomendasikan kita mengurangi waktu belanja.

"Berbelanja selama lima menit di toko jauh lebih baik, mungkin enam kali lebih baik daripada berbelanja selama 30 menit," ungkap mantan direktur CDC, Tom Frieden, MD.

Baca juga: Tips Berbelanja Cepat di Supermarket Saat Pandemi

ilustrasi masker medis cegah virus coronashutterstock ilustrasi masker medis cegah virus corona

3. Meningkatkan perlindungan masker

Halaman:
Sumber Yahoo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com