Kompas.com - 22/01/2021, 18:35 WIB
Ilustrasi minuman dengan kayu manis. PEXELS/NGO TRONG ANIlustrasi minuman dengan kayu manis.

KOMPAS.com - Bau mulut atau halitosis bisa sangat mengganggu dan membuat malu, apalagi jika kita sedang bersama orang lain.

Dalam beberapa kasus, masalah bau mulut ini bahkan bisa menyebabkan kecemasan, lho.

Permen karet, permen mint, obat kumur, dan produk lainnya bisa kita temukan untuk membantu mengatasi bau mulut.

Sayangnya, produk tersebut hanyalah solusi sementara. Sebab, bau mulut akan tetap datang jika kita tidak mengatasi permasalahannya.

Menurut Mayo Clinic, bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti makanan, kondisi kesehatanm hingga kebiasaan tertentu, seperti merokok.

Dalam kebanyakan kasus, bau mulut bisa diatasi dengan menyikat gigi secara rutin.

Namun, kita sebetulnya juga bisa memanfaatkan beberapa bahan dapur untuk membuat napas lebih segar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya adalah kayu manis atau cinnamon.

Baca juga: 7 Makanan yang Ampuh Usir Bau Mulut

Menurut buku "Tanaman Berkhasiat Obat" yang ditulis oleh Dra Hj Sri Nooryani Bardan (2007), bagian tanaman kayu manis yang mempunyai khasiat, terutama kulit kayu dan akar.

Selain untuk mengatasi bau mulut, kayu manis juga punya manfaat lainnya, seperti menghilangkan noda putih mata, mengobati batuk, asma, sakit saluran buang air kecil, darah haid tidak lancar, wasir, sakit tenggorokan, hingga luka lambung.

Lalu, mengapa kayu manis dikatakan ampuh mengatasi bau mulut?

Seperti dijelaskan dalam laman Today, kayu manis mengandung minyak esensial yang terbukti memiliki kemampuan melawan bau mulut, dengan membunuh bakteri yang mungkin berada di mulut kita.

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa mengunyah permen karet yang dibumbui dengan komponen Cinnamaldehyde memiliki efek antibakteri, menyebabkan napas menjadi lebih segar.

Berikut caranya:

  • Siapkan seperempat kayu manis dan air hangat secukupnya.
  • Cuci kayu manis hingga bersih, lalu keringkan.
  • Goreng kayu manis tanpa menggunakan minyak, kemudian tumbuk dan ayak.
  • Seduh tepung kayu manis dengan air hangat dan minum setiap malam, sebelum tidur. Jika tidak tahan dengan baunya, kamu bisa memasukannya ke dalam kapsul dan meminum seperempat sendok makan setiap malam.

Baca juga: 3 Cara Mudah Manfaatkan Jahe untuk Menyembuhkan Batuk



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X